Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami Yang Ampuh

Sariawan merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang sangat mengganggu. Bagaimana tidak, ketika sariawan datang, makanan favorit pun akan terasa tidak enak karena rasa sakit dan perih timbul ketika mengunyah makanan tersebut. Lebih parah lagi, rasa sakit tersebut semakin menjadi-jadi kala mengkonsumsi makanan yang asam atau pedas. Dikutip dari livestrong.com, penyebab sariawan sangat beragam, diantaranya adalah tidak sengaja menggigit bagian dalam mulut, alergi makanan, perubahan hormon, kekurangan vitamin B-12, stres, gangguan sistem kekebalan tubuh hingga kesalahan dalam menyikat gigi. Tidak hanya penyebabnya saja yang beragam, cara mengatasinya pun bermacam-macam. Salah satunya yaitu dengan cara alami. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati sariawan dengan bahan alami yang ampuh.

Pakai Kunyit

Kunyit bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi sariawan dengan bahan alami. Caranya cukup mudah, campurkan 1 sdm air dengan 3 sdm bubuk kunyit sampai membentuk pasta. Setelah itu, oleskan ramuan alami tersebut pada lidah, gusi, bibir atau bagian lainnya yang mengalami sariawan menggunakan kapas steril. Jika sudah, biarkan selama satu sampai dua menit. Setelah itu, berkumur dengan air bersih. Kunyit berguna untuk mengurangi rasa perih dan sebagai antiseptik alami.

Pakai Kopi Bubuk

Cara mengobati sariawan dengan bahan alami yang ampuh selanjutnya adalah menggunakan kopi bubuk. Caranya tidak sulit, anda hanya perlu mengoleskan bubuk kopi pada bagian yang terkena sariawan lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, berkumurlah dengan air bersih. Dikutip dari mouthulcers.org, salah satu bahan alami yang dipercaya mampu menyembuhkan sariawan yaitu bubuk kopi.

Irisan Bawang Putih

Selain mengandung anti bakteri dan anti virus, bawang putih juga mengandung alisin yang dapat berperan sebagai antiseptik alami. Maka dari itu, bawang putih dipercaya mampu membantu proses penyembuhan sariawan lebih cepat. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan irisan bawang putih. Kemudian gosokkan irisan bawang tersebut selama satu menit pada bagian yang mengalami sariawan. Setelah itu diamkan selama satu jam, lalu berkumur dengan air bersih. Untuk menyembuhkan dengan cepat, ulangi langkah-tersebut secara rutin setiap hari.

Air Garam

Cara mengobati sariawan dengan bahan alami yang ampuh selanjutnya adalah dengan menggunakan air garam. Mungkin ini adalah cara yang paling gampang. Anda hanya perlu menyiapkan setengah gelas air panas dan masukkan garam beryodium sebanyak 12 sdm ke dalam air tersebut. Setelah itu, kumur-kumur menggunakan air garam selama satu menit lalu berkumur dengan air bersih sampai rasa asinnya sudah tidak ada lagi. Garam merupakan salah satu antiseptik alami. Maka dari itu, garam dipercaya mampu membantu proses pengobatan sariawan jadi lebih cepat. Tidak hanya itu, garam juga diyakini mampu mengurangi rasa sakit yang berkaitan dengan rasa nyeri.

Itulah beberapa cara mengobati sariawan dengan bahan alami yang ampuh. Jika sariawan tak kunjung hilang atau sudah parah, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!