Cara Mengobati Sariawan Berdasarkan Jenisnya

Sariawan umumnya terjadi di bibir bagian luar dan dalam lidah. Sariawan dapat terjadi pada anak-anak maupun dewasa. Penyebab sariawan pun tidak hanya satu. Sariawan dapat terjadi karena jamur atau luka. Tidak banyak orang yang dapat membedakan sariawan yang diakibatkan oleh jamur ataupun luka. Keterbatasan pengetahuan tersebut sering menyebabkan pengobatan sariawan yang tidak tepat. Walaupun sariawan terkesan penyakit yang ringan, akan tetapi hal ini dapat mengganggu pola makan. Sehingga, pengobatan yang tepat sangat disarankan untuk mendapatkan penyembuhan yang efektif. Berikut ini adalah cara mengobati sariawan berdasarkan jenisnya yang perlu anda ketahui.

Sariawan yang disebabkan luka juga dikenal sebagai mouth ulcer. Penyebab sariawan karena luka ini disebabkan bukan hanya tergigit saja. Pada wanita yang mengalami menstrusi terkadang timbul sariawan karena pengaruh hormon. Stress dan alergi makanan tertentu pun dapat menjadi penyebab sariawan. Selain itu, kekurangan asam folat, zat besi dan vit B12 dapat memicu munculnya sariawan. Sariawan yang seperti itu biasanya berukuran kecil kira-kira kurang dari 1 cm. Selain itu, penderita akan merasakan sakit jika sariawan tersebut tersentuh sesuatu.  Luka sariawan tersebut biasanya berbentuk bulat dengan pinggiran merah. Sariawan seperti ini biasanya terjadi selama 1-2 minggu. Pengobatan yang tepat untuk sariawan seperti ini adalah dengan menggunakan salep atau cairan yang dapat mematikan rasa. Akan tetapi, obat jenis tersebut tidak dapat diberikan pada anak usia di bawah 2 tahun sampai dewasa. Salep jenis ini pun biasanya aman tertelan. Selain menggunakan obat, pengobatan sariawan karena luka dapat menggunakan cairan garam dengan cara dikumur-kumur. Mengkonsumsi vitamin yang mengandung asam folat, zat besi dan vit B12 dapat membantu menyembuhkan sariawan jenis ini.

Jenis lain sariawan yaitu sariawan yang disebabkan oleh jamur. Jamur yang menginfeksi yaitu jamur candidiasis. Jamur jenis ini dapat terjadi di mulut dan di alat kelamin. Untuk sariawan karena jamur ini sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Ciri-ciri sariawan karena jamur ini yaitu adanya bercak-bercak putih di sekitar mulut dan lidah. Bercak-bercak putih tersebut sebaiknya tidak dilap karena akan menimbulkan rasa sakit. Timbulnya jamur candidiasis dapat disebabkan menurunnya imun, penggunaan antibiotik atau kortikosteroid, diabetes atau HIV. Pengobatan yang tepat untuk sariawan jenis ini adalah dengan menggunakan anti jamur yang berupa suspensi yaitu Nystatin yang aman untuk ditelan. Pengobatan dilakukan selama 5-7 hari diberikan 3 kali sehari sebanyak 1 ml.

Umumnya sariawan akan sembuh dalam jangka waktu tertentu. Tetapi cara mengobati sariawan berdasarkan jenisnya perlu anda ketahui agar tidak salah dalam penanganannya. Pemberian vitamin C berupa tablet atau cairan maupun buah-buahan yang mengandung vitamin C, dapat membantu penyembuhan sariawan. Hal ini disebabkan sariawan timbul karena sistem imun yang sedang turun dan vitamin C dapat membantu perbaikan sistem imun.

Demikianlah Artikel tentang cara mengobati sariawan berdasarkan jenisnya yang perlu anda ketahui dan semoga bermanfaat…. 🙂


programdetoksifikasi

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!