Cara Mengobati Asam Urat Dengan Ramuan Pare

Pare merupakan sejenis tumbuhan rambat dengan buah yang panjang dan runcing pada ujungnya serta mempunyai permukaan bergerigi. Tanaman ini tumbuh baik di dataran rendah dan termasuk tanaman yang banyak dibudidayakan. Pare mempunyai banyak nama daerah seperti pare (jawa), paria atau kambeh (Sumatera), di Nusa Tenggara disebut dengan pepule, pania, pariak, paliak, paitap, truwuk dan paya. Sedangkan di Sulawesi disebut dengan palia, paria blenggede, pentu, pudu dan poya. Pare mempunyai rasa yang pahit. Oleh sebab itu, banyak orang yang kurang menyukainya. Namun, dibalik rasa pahit ternyata pare menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh dan berguna untuk pengobatan. Salah satunya adalah dapat mengobati asam urat. Bagaimana caranya? berikut ini adalah cara mengobati asam urat dengan ramuan pare.


Obat Herbal Asam Urat

 

Sebelum melangkah ke tahap bagaimana cara mengobati asam urat dengan ramuan pare, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi pada pare. Kandungan nutrisi pada daun, buah dan biji pare yaitu:

  1. Daun pare mengandung minyak lemak yang terdiri dari L.oleostearat, asam stearat, asam linoleat dan asam oleat. Selain itu, daun pare juga mengandung Vitamin A dan C, saponin, asam resinat, resin, asam trikosanik, karantin, momordin dan momordisin.
  2. Buah pare mengandung Vitamin A, B dan C, hydroxytryptamine dan karantin.
  3. Biji pare mengandung asam momordial, triterprenoid, alkaloid, saponin dan momordisin.

Kandungan pare tersebut menjadikan pare efektif dalam mengobati berbagai macam penyakit, seperti menyembuhkan asam urat, malaria, sembelit, demam, cacingan dan lever (hepatits). Selain itu, pare juga dapat digunakan untuk menyembuhkan nyeri haid, disentri, sariawan, batuk, demam dan kencing manis. Mengenai cara mengobati asam urat dengan ramuan pare adalah sebagai berikut:

Pertama anda siapkan terlebih dahulu bahannya yaitu 1 buah pare segar dan 2 gelas air bersih. Jika bahan sudah siap, belah buah pare dan buang bijinya. Lalu cuci bersih dan potong-potong dengan ukuran sedang. Rebus potongan pare sampai airnya tersisa kira-kira 1 gelas saja. Angkat, kemudian dinginkan lalu saring. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur satu kali dalam sehari.

Itulah tadi cara mengobati asam urat dengan ramuan pare. Selain mengobati asam urat, buah pare juga berkhasiat untuk memperbanyak ASI, perangsang muntah, pencahar, peluruh haid, penyegar badan, penurun panas, pembersih darah, peluruh dahak dan menambah nafsu makan. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!