Cara Mengobati Asam Urat Dengan Daun Sendok

Plantago Mayor atau yang lebih dikenal dengan nama daun sendok merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga tumbuhan Plantaginaceae. Di berbagai daerah, daun sendok dikenal dengan nama yang bermacam-macam diantaranya adalah torongoat, suri pandak, sangkubah, sangkabuah, meloh kiloh, ceuliuncal, otot-ototan, kuping menjangan dan ki urat. Daun sendok dipercaya dapat mengatasi penyakit asam urat karena mempunyai kandungan kimia seperti kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, plantaglucide, hentriacontane, bethasitosterol, ursolic acid, aucubin, dan plantagin. Selain itu, di dalam daun sendok juga mengandung Rhinantin, yang merupakan turunan dari naphazolin yang bermanfaat sebagai penghilang nyeri urat. Lalu bagaimana cara mengobati asam urat dengan daun sendok? berikut ini adalah cara mengobati asam urat dengan daun sendok.


Obat Herbal Asam Urat

 

Untuk memanfaatkan daun sendok sebagai obat asam urat adalah dengan membuat ramuan tradisional. Cara mengobati asam urat dengan daun sendok cukup mudah, pertama kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya yaitu 20 gram daun sendok kering (satu genggam), 10 gram temulawak kering (2 iris), 20 gram akar sidaguri kering (1 genggam) dan 4 gelas air (800 ml). Kemudian rebus semua bahan tersebut hingga air tersisa 2 gelas saja. Kemudian angkat dan dinginkan, lalu disaring. Dan ramuan tradisional daun sendok sudah siap untuk dikonsumsi. Minumlah ramuan tersebut secara rutin setiap pagi dan sore satu gelas setelah makan.

Efek farmakologis daun sendok adalah bersifat peluruh air kencing (diuretic), anti-inflamasi (anti-radang), peluruh dahak (mucolytic), antiseptik, menghentikan batuk (antitusif), aphrodisiak memperbaiki penglihatan pada pasien kencing manis, menormalkan aktivitas hati dan hepatoprotektor. Selain asam urat, banyak sekali penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun sendok diantaranya adalah gangguan air kemih berdarah, saluran air kemih, keputihan, mimisan, diare, disentri panas, gangguan pencernaan anak-anak, batuk darah atau batuk sesak, kencing batu, kencing manis, radang saluran nafas (bronchitis), sakit kuning (acute icteric hepatitis), batu empedu, kudis, bisul, dan radang selaput mata.

Demikianlah cara mengobati asam urat dengan daun sendok. Lakukan cara ini secara terus menerus dan lihatlah hasil yang akan anda dapatkan. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!