Cara Menghitung Kebutuhan Air Putih

Banyak mengkonsumsi air putih agar tubuh tetap bugar merupakan salah satu anjuran kesehatan yang selalu kita dengar. Selain menjaga kebugaran, banyak minum air putih juga dianjurkan demi memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Karena bila tubuh kekurangan cairan bisa mengakibatkan dehidrasi, ISK atau infeksi saluran kemih, kulit kering, tubuh lemas, dan lain sebagainya. Dalam berbagai artikel kesehatan, angka 1,5 liter merupakan jumlah air putih yang mesti dikonsumsi orang dewasa. Namun, apakah angka 1,5 liter merupakan patokan yang benar? mengingat kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah bagaimana cara menghitung kebutuhan air putih.

Dikutip dari telegraph.co.uk, sebenarnya kebutuhan masing-masing individu terhadap air putih berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kebutuhan cairan tubuh seperti :

  1. Seberapa banyak seseorang mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan air?
  2. Apakah seseorang banyak minum minuman herbal atau kopi?
  3. Apakah kegiatan seseorang sangat aktif atau tidak?

Sedangkan salah satu kontributor British Medical JournalĀ yaitu Dr. Margaret McCartney, mengungkapkan bahwa sesungguhnya anjuran mengkonsumsi 8 gelas air putih dalam sehari tidaklah tepat. Karena kita juga harus mempertimbangkan seberapa besar gelas yang digunakan. Selain itu, sistem psikologis yang dipunyai manusia lebih sensitif dan lebih hebat, lebih daripada volume berapa gelas yang harus dikonsumsi setiap hari, yaitu rasa haus.

Lantas, bagaimana cara menghitung kebutuhan air putih yang benar? Anda bisa mencoba rumus dibawah ini jika anda ingin mengetahui berapa banyak air putih yang harus diminum dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

BERAT BADAN (kg) X 0,03 = _____ LITER

Itulah tadi penjelasan mengenai bagaimana cara menghitung kebutuhan air putih dalam sehari. Meskipun rumus tersebut bisa anda terapkan, hal yang perlu anda ingat adalah jangan hanya terpaku pada rumus tersebut. Anda perlu memperhatikan dengan baik tanda-tanda kekurangan cairan pada tubuh. Selain itu, terapkan juga pola hidup sehat dengan mengkonsumsiĀ  sayur, buah dan minuman herbal yang menyehatkan seperti Smart Detox. Sekian dan semoga bermanfaat.


Cara Menghitung Kebutuhan Air Putih

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!