Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa Secara Alami

Bau mulut merupakan salah satu masalah yang sering mengganggu seseorang ketika menjalankan ibadah puasa. Bau mulut kerapkali muncul meskipun sudah rajin menggosok gigi. Lalu, kenapa mulut bisa tetap bau? menurut dr. Setiyo, mulut bisa tetap bau karena saat berpuasa produksi saliva (air liur) oleh mulut akan berkurang sehingga mulut menjadi kering. Efeknya, bakteri bisa berkembang biak dengan sangat cepat dan otomatis bau mulut pun akan muncul. Selain itu, apa yang terjadi dengan tubuh kita seperti yang dialami oleh penderita maag atau diabetes juga bisa menjadi penyebab bau mulut saat berpuasa. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan cara yang alami. Bagaimana caranya? berikut ini adalah cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa secara alami.

  • Untuk meningkatkan produksi air liur (saliva), minumlah air putih 8 sampai 10 gelas saat berbuka dan sahur. Dengan meningkatnya produksi saliva, kebersihan mulut bisa terjaga dan bau tak sedap pun bisa dicegah.
  • Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa secara alami yang berikutnya adalah dengan menggosok gigi dan lidah secara sempurna. Dengan melakukan hal tersebut, sisa atau partikel makanan yang membusuk penyebab bau mulut bisa dibersihkan.
  • Untuk menghilangkan bau mulut, konsumsilah teh hijau tanpa gula ketika berbuka dan sahur. Zat polyphenol yang terkandung pada teh hijau berkhasiat untuk membuang bakteri dari saluran pernafasan dan mulut. Selain itu, teh hijau juga dapat mengurangi gangguan pernafasan dan peradangan pada rongga. Jadi jika anda perokok, minumlah teh hijau secara rutin.
  • Hindarilah makanan seperti durian, jengkol, petai dan makanan berbau lainnya. Karena makanan tersebut merupakan beberapa makanan penyebab bau mulut saat berpuasa.
  • Hindarilah merokok saat berbuka dan sahur. Karena merokok juga menjadi salah satu penyebab bau mulut di siang hari saat berpuasa.
  • Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa secara alami yang berikutnya adalah jangan makan makanan lengket seperti kue basah, biskuit, es krim, cokelat dan makanan lainnya karena beberapa makanan tersebut bisa menempel di gigi dan sulit dibersihkan.
  • Untuk membersihkan mulut secara maksimal, gunakanlah mouthwash (obat kumur).
  • Untuk membuang sisa makanan yang membusuk dari sela-sela gigi, pakailah dentol floss (benang gigi).
  • Jangan tidur berlebihan ketika berpuasa karena hal ini bisa meningkatkan resiko bau mulut yang lebih besar. Ada baiknya anda berolahraga sebelum atau setelah berbuka puasa untuk membersihkan tubuh dari racun penyebab bau mulut.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa secara alami. Jika cara tersebut tidak berhasil, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter karena penyebab bau mulut juga bisa diakibatkan oleh kondisi kesehatan seseorang seperti penderita diabetes, gangguan pernafasan, maag atau penyakit dalam yang lain. Sekian dan semoga bermanfaat.


Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa Secara Alami

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!