Cara menghilangkan Bau Badan

Cara Menghilangkan Bau Badan

Bau badan sering kali membuat kita tidak nyaman baik itu yang dihasilkan oleh orang lain maupun diri sendiri. Bau badan yang dihasilkan oleh orang lain tentu saja akan sangat mengganggu penciuman kita. Sedangkan bau badan yang dihasilkan oleh diri sendiri akan membuat kita tidak percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau badan itu sendiri?. Sebelum itu kita harus tahu dahulu area mana sajakah yang biasanya menimbulkan bau badan. Berikut ini area tubuh yang biasanya dapat menimbulkan bau badan dan cara menghilangkannya.

  1.  Rambut. Pada rambut terdapat kelenjar rambut dan kelenjar keringat. Suhu yang panas mengakibatkan rambut mudah lembab dan menghasilkan bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan bau. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan keramas minimal 2 hari sekali.
  2.  Mulut. Bau mulut biasanya berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi sehari-hari dan juga adanya luka di daerah gigi/ gusi sehingga menimbulkan enzim yang menghasilkan reaksi kimia di daerah mulut. Cara untuk menghindarinya adalah dengan cara gosok gigi atau kumur-kumur dengan mouthwash.
  3. Ketiak. Masalah pada ketiak lebih banyak disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri dan juga sel kulit mati. Selain itu juga masalah bau pada ketiak disebabkan oleh faktor makanan dan juga hormon. Untuk mencegah bau pada ketiak adalah dengan cara mandi 2 kali sehari, kurangilah mengkonsumsi bawang merah dan bawang putih karena kandungan belerang yang ada di dalamnya akan dikeluarkan lewat pori-pori yang dapat menimbulkan bau tak sedap.
  4. Kaki. Ternyata kaki bisa menghasilkan keringat kurang lebih 1 liter/hari. Bagi anda yang terbiasa menggunakan kaus kaki dari pagi hingga malam sering-seringlah mengganti kaus kaki dan pilih bahan dari cutton agar mudah menyerap keringat. Selain itu, merendam kaki pada air teh selama 15 menit bisa membantu menghilangkan bau kaki.

Demikianlah penjelasan tentang cara menghilangkan bau badan. Bagaimanapun, untuk menjaga kebersihan tubuh terutama untuk mengurangi resiko terjadinya bau pada bagian tubuh kita yang terpenting adalah dengan menjaga kebersihan. Semoga bermanfaat.. 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!