Cara Menghentikan Mimisan Dengan Cepat

Cara Menghentikan Mimisan Dengan Cepat

Cara Menghentikan Mimisan Dengan Cepat – Mimisan atau hidung berdarah sering terjadi secara tiba-tiba dan kadang hal itu membuat kita panik, terutama jika hidung mengeluarkan darah secara terus menerus dan tidak berhenti. Mimisan atau hidung berdarah merupakan efek dari pecahnya pembuluh darah yang terdapat pada hidung. Untuk penyebab pecahnya pembuluh darah, bisa bermacam-macam diantaranya adalah alergi, peradangan, benturan pada hidung, perubahan cuaca secara tiba-tiba, kekeringan pada selaput hidung yang dikarenakan cuaca dingin, infeksi selaput lendir, trauma ketinggian, dan kekurangan vitamin C. Mimisan bisa terjadi pada siapa aja, pria maupun wanita, anak-anak ataupun dewasa. Darah yang mengalir pada hidung akan berhenti dengan sendirinya apabila darah membeku, akan tetapi hal tersebut membutuhkan waktu. Berikut ini ada beberapa cara menghentikan mimisan dengan cepat.

Tekan Bagian Lunak Hidung

Banyak orang yang salah dalam langkah pertama menangani mimisan yaitu dengan memiringkan kepala ke belakang. Hal ini justru akan membuat darah mengalir ke tenggorokan dan anda akan muntah. Miringlah ke depan dan tekan dengan ibu jari pada bagian lunak hidung untuk menghentikan mimisan yang terus-menerus.

Kompres Dengan Es

Ambil beberapa es dan masukan ke dalam kantong kemudian balutkan dengan handuk. Setelah itu, kompreslah dengan es yang sudah anda balutkan dengan handuk tadi pada hidung anda. Es sangat efektif karena dapat menyempitkan pembuluh darah dan menghentikan pendarahan.

Gunakan Cuka

Basahi kapas bola atau polo kasa dengan cuka putih dan tempelkan pada lubang hidung anda. Cuka mengandung asam yang dapat membuat darah membeku dan menghentikan pendarahan secara efektif.

Gunakan Daun Sirih

Ambil selembar daun sirih lalu kemudian gulung hingga membentuk kerucut. Seteleh itu masukan ke dalam lubang hidung untuk menghentikan pendarahan dengan cepat. Daun sirih sudah sejak dahulu dipercaya dapat menghentikan mimisan.

Rambut Jagung

Caranya adalah dengan merebus rambut jagungĀ  sebanyak 50 gr dengan air sebanyak 400cc. Rebuslah hingga airnya mendidih dan airnya tersisa setengahnya. Setelah itu saring dan minum selagi hangat.

Kacang Tanah

Caranya hampir sama dengan rambut jagung, hanya saja kacang tanah yang digunakan sebanyak 25 gr. Selain itu, semua langkahnya sama.

Demikianlah beberapa cara menghentikan mimisan dengan cepat. Apabila mimisan terus berlanjut selama 10 menit, segeralah hubungi dokter. Karena mimisan yang disertai suhu badan tinggi bisa merupakan gejala penyakit yang serius. Sekian dan semoga bermanfaat…

Baca Juga : Cara Mengatasi Tidur Mendengkur, Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia, Manfaat Minyak Kelapa Murni, Penyebab Penyakit Ebola, Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat Dan Berkomedo Secara Alami, Cara Mendeteksi Penyakit Meningitis Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!