Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku

Hampir semua orang mempunyai kebiasaannya sendiri-sendiri. Ada beberapa kebiasaan yang baik dan ada juga beberapa kebiasaan buruk yang bisa merugikan kesehatan. Nah, salah satu kebiasaan yang dapat merugikan kesehatan adalah menggigit kuku. Meskipun kebiasaan ini sering dilakukan oleh anak-anak, tetapi tidak jarang juga orang dewasa mempunyai kebiasaan menggigit kuku. Hal ini tidak lepas dari kenyataan bahwa kebiasaan ini termasuk kebiasaan kompulsif yang terjadi semenjak dari masih kecil dan terbawa hingga dewasa. Umumnya, penyebab kebiasaan ini bisa muncul adalah karena sedang bosan atau stres. Selain merusak kutikula dan kuku, kebiasaan menggigit kuku juga menyebabkan timbulnya penyakit akibat bakteri yang masuk ke dalam mulut lewat kuku. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? berikut ini adalah beberapa cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

  • Kuku yang panjang akan mendukung kebiasaan ini terus bertahan. Jadi, guntinglah kuku anda secara rutin. Jika kuku pendek, maka kemungkinan besar kita tidak akan menggigit kuku lagi.
  • Cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku yang berikutnya adalah menghiasi kuku anda dengan nail art atau kutek yang lucu. Dengan begitu, kitapun akan sayang untuk menggigit kuku karena takut merusak cat kuku yang cantik.
  • Ternyata, salah satu penyebab munculnya kebiasaan menggigit kuku adalah karena kekurangan kalsium. Jadi, penuhi kebutuhan kalsium harian tubuh anda dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman sumber kalsium seperti susu.
  • Segera alihkan perhatian anda dengan yang lain jika muncul keinginan untuk menggigit kuku.
  • Untuk mencegah anda menggigit kuku, olesilah merica hitam pada jari.
  • Anda juga bisa mencoba mencegah kebiasaan menggigit kukuk dengan cara mengenakan karet gelang. Tarik karet gelang anda, setiap ingin menggigit kukuk.
  • Selalu memasukkan tangan ke dalam saku celana atau jaket juga menjadi tips yang ampuh untuk menghilangkan kebiasaan ini.
  • Berbagilah dengan keluarga atau teman dekat tentang masalah anda ini lalu minta bantuan mereka untuk mengawasi diri anda. Mintalah mereka untuk segera menegur jika anda mulai menggigit kuku.

Itulah beberapa tips atau cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku yang dikutip dari femina.in. Selain tips diatas, ingatlah selalu bahwa pada tangan dan kuku terdapat banyak bakteri yang bisa merusak kesehatan jika masuk ke dalam tubuh. Dengan mengingat hal teresebut, maka otomatis akan timbul keinginan yang besar untuk berhenti dari kebiasaan menggigit kuku. Sekian dan semoga bermanfaat.


Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!