Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Bahan Alami – Perut kembung adalah suatu keadaan dimana perut terasa begah dan penuh yang diakibatkan oleh menumpuknya gas pada usus kecil. Kondisi ini akan membuat kita tidak nyaman karena perut akan menjadi bengkak dan mengganggu aktifitas kita. Umumnya, saat perut kembug akan dibarengi dengan berbagai masalah pencernaan yaitu nyeri perut, sendawa, diare, kram perut, nyeri punggung bagian bawah dan sesak nafas. Penyebab terjadinya perut kembung adalah penumpukan gas pada usus kecil, PMS, sembelit dan makan yang berlebihan. Apapun penyebabnya, perut kembung ini akan mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Oleh sebab itu, perut kembung harus segera diatasi. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi perut kembung dengan bahan alami yang dikutip dari www.everydayhealth.com.

Jahe

Jahe memang terkenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah perut kembung. Jahe dapat mengendurkan otot-otot pada usus dan mengurangi peradangan dalam usus. Ini bisa terjadi karena jahe memiliki kandungan bahan aktif yaitu shogaols dan gingerol. Cara memanfaatkannya adalah dengan meminum air rebusan jahe. Dengan melakukan ini, maka perut anda yang kembung akan normal kembali.

Makanan Dengan Probiotik

Sistem pencernaan pada usus akan terbantu oleh probiotik karena probiotik merupakan suatu mikroorganisme yang baik yang menetap dan menyebar dalam usus. Oleh karenanya, probiotik bisa mengatasi masalah perut kembung. Penumpukan gas dalam usus akan dapat dikurangi oleh bakteri probiotik. Makanan-makanan yang mengandung probiotik yang dapat membantu anda mengatasi masalah perut kembung ini adalah yogurt atau kefir.

Teh Chamomile

Teh chamolile dapat membantu meredakan masalah perut kembung karena teh ini mempunyai sifat anti-spasmodik dan anti-inflamasi. Caranya adalah dengan buatlah secangkir teh chamomile dengan air panas ditambah dengan satu sendok madu. Konsumsilah minuman ini selagi hangat, maka perut kembung anda dapat segera teratasi.

Peppermint

Peppermint akan dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada saat perut terasa kembung karena peppermint memiliki kandungan minyak menthol yang mempunyai efek anti-spasmodik pada otot-otot saluran pencernaan. Caranya mudah, yaitu cukup dengan mengunyah daun peppermint segar maka anda dapat merasakan manfaatnya untuk perut kembung anda.

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung dengan bahan alami yang dapat anda praktekkan tanpa perlu memikirkan efek samping. Sekian dan semoga bermanfaat…. 🙂

Baca Juga : Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami Dengan Kulit Manggis, Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami, Tips Agar Perut Cepat Kenyang, Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong, Makanan Penghancur Lemak Perut

One Response to Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Bahan Alami

  1. Tan says:

    kalau saya terkadang menepuk2 perut agar perut tidak kembung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!