Cara Mengatasi Nyeri Punggung Untuk Pekerja Kantoran

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Untuk Pekerja Kantoran – Bekerja selama kurang lebih 8 jam sehari di depan layar komputer bukan berarti tidak ada masalah kesehatan sama sekali. Bahkan, penyakit mudah terjangkit pada mereka yang bekerja tanpa melakukan kegiatan. Bagi para pekerja dalam ruangan, salah satu penyakit yang sering diderita adalah nyeri punggung. Tidak hanya karena keseringan duduk, penyakit yang menyerang punggung juga terjadi karena punggung yang terus menerus membungkuk ketika anda bertatapan dengan layar komputer sembari mengetik atau punggung terpapar AC ruangan secara tidak terasa. Tidak hanya itu saja, lamanya waktu yang dihabiskan saat duduk membuat tubuh anda melakukan penyesuaian diri dengan posisi tersebut dan mau tidak mau beradaptasi dengan berat yang bertumpu pada pinggul dan panggul. Saat duduk, otot fleksor di panggul secara otomatis akan menegang, namun ketika berdiri otot pada panggul dan bokong menjadi lemah karena posisi rileks sehingga terjadi ketidakseimbangan otot.

Akibat dari ketidakseimbangan otot tersebut pada akhirnya menimbulkan disfungsi postur dari panggul dan tulang belakang sehingga keduanya berada pada posisi yang tidak normal. Posisi tersebut bisa merusak kesehatan punggung anda, bahkan bagi orang yang sebelumnya tidak pernah memiliki masalah punggung. Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung bagi para pekerja kantor? Berikut beberapa cara mengatasi nyeri punggung untuk pekerja kantoran, antara lain :

Perhatikan Posisi Saat Duduk

Mencoba mengganti posisi duduk setiap saat dapat membantu mengatasi nyeri punggung. Contohnya yaitu dalam 15 atau 30 menit sekali, dapat mengubah posisi duduk dari kaki yang diluruskan, kemudian kaki ditekuk, duduk rileks dengan menyenderkan punggung ke belakang atau sesekali mencondongkan tubuh serta sesekali berjalan kecil seperti pergi ke ruang foto copy atau ke kamar kecil.

Berdiri Dengan Nyaman

Apabila anda bukan seorang pekerja kantoran yang hanya duduk di depan layar komputer melainkan berdiri sepanjang waktu, anda dapat mengenakan sepatu yang mendukung kontur tubuh kaki anda. Penggunaan sepatu tanpa hak dan bersol karet salah satu sepatu yang dianjurkan. Namun bagi para perempuan yang mengharuskan menggunakan hak tinggi, pilihlah sepatu hak tinggi yang nyaman dengan ujung hak yang tebal (non stilletto). Salah satu kebiasaan buruk rata-rata orang ketika berdiri yaitu menumpu berat badan pada salah satu kaki. Posisi tersebut bisa mencelakai panggul dan tulang belakang. Jadi, usahakan selalu menumpu berat badan pada kedua kaki saat berdiri.

Atasi Stress Kerja

Cara mengatasi nyeri punggung untuk pekerja kantoran selanjutnya adalah dengan mengatasi stress kerja. Tidak dipungkiri, stress dilanda oleh sebagian besar pekerja kantoran. Otot yang tegang dikarenakan pikiran yang terlalu keras dapat membuat cidera tulang belakang. Dengan mengatasi stress di kantor dengan cara mengatur pernapasan dan membicarakan masalah dengan seseorang yang dipercaya maupun keluar ruangan beberapa menit dapat membuat otot anda lebih rileks dan mencegah nyeri pada punggung.

Perhatikan Cara Membawa Tas

Tas merupakan hal penting yang selalu dibawa, apalagi ke kantor. Terkadang, tas sering berisi berbagai macam barang bahkan laptop sekalipun sehingga membuat beban tas menjadi berat. Membawa tas yang terlalu berat di punggung juga dapat menyebabkan nyeri punggung karena otot tulang belakang mengalami tarikan dari beban tas tersebut. Usahakan meminimalisir barang bawaan atau membagi bawaan menjadi dua tas dibanding dalam satu tas yang menumpu pada punggung.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi nyeri punggung untuk pekerja kantoran. Semoga bermanfaat…. 🙂


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!