Cara Mengatasi Keracunan Makanan Dengan Kelapa Muda

Cara Mengatasi Keracunan Makanan Dengan Kelapa Muda

Kelapa hijau dipercaya memiliki banyak khasiat. Sebagian dari anda mungkin sudah mendengar tentang ini. Namun apakah anda percaya atau tidak, hal itu kembali kepada diri anda sendiri. Tetapi keyakinan itu banyak orang yang sudah membuktikannya. Salah satunya adalah penawar racun atau akibat makanan. Berikut ini kita akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi keracunan makanan dengan kelapa muda.

Sudah menjadi pengetahuan umum bila seseorang keracunan makanan tindakan awal yang dilakukan adalah meminumkan air kelapa muda. Dengan demikian masyarakat percaya bila keracunan tersebut dapat dinetralisir atau sembuh kembali. Keracunan makanan sebenarnya disebabkan karena adanya gangguan kesehatan akibat pengkonsumsian makanan atau minuman yang tidak sehat. Biasanya makanan memiliki kandungan bakteri, parasit, virus atau bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan gangguan di dalam fungsi normal tubuh.

Pada umumnya, keracunan makanan yang terjadi menimbulkan beberapa gejala ringan, namun dalam beberapa kasus dapat pula sampai berat sehingga memerlukan perawatan rumah sakit. Bahkan keracunan makanan juga dapat menyebabkan kematian. Gejala-gejala keracunan antara lain nyeri perut, muntah, sakit kepala, gangguan fungsi neurologis dan ginjal.

Keracunan makanan memiliki gejala seperti diare, karena itu hal yang penting diperhatikan adalah melakukan rehidrasi dan suplementasi elektrolit yang tepat. Sehingga tidak terdapat syok karena kurang cairan di dalam tubuh. Orang yang keracunan dan dibarengi dengan gejala diare akan mengalami dehidrasi dan terkurasnya elektrolit tubuh.

Nah, berkenaan dengan rehidrasi dan suplementasi elektrolit yang tepat, air kelapa hijau muda sangat cocok untuk diberikan kepada penderita keracunan. Pasalnya, kandungan air kelapa hijau muda, sebagaimana diungkapkan Hieronymus Budi Santoso, penulis buku-buku teknologi tepat guna dari Yogyakarta, terdapat senyawa zat tanin atau antidotum (antiracun) yang tinggi. Kandungan zat kimianya mampu mengurai sifat racun. Selain itu, air kelapa hijau muda juga menyediakan elektrolit yang banyak berkurang pada kasus keracunan. Selain dapat mengurai racun, menurut Dr. Samuel Oetoro, MS SpGK air kelapa juga berperan dalam meningkatkan kerja detoksifikasi, sehingga tubuh terhindar dari zat-zat berbahaya yang masuk bersama makanan.

Bagi anda yang mengalami keracunan bakteri Clostridium botulinum, Clostridium perfringens, Staphylococcus, dan Bacillus cereus, Dr. Batunahal Gultom SKM, pengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, menyarankan agar mengonsumsi sebutir air kelapa hijau muda untuk mengatasi keracunan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi keracunan makanan dengan air kelapa muda. Terima kasih dan semoga bermanfaat.. 🙂

Baca Juga : Mengurangi Berat Badan Dengan Kelapa Muda, Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Hipertensi, Makanan Penyebab Jerawat Dan Komedo, Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes, Makanan Sehat Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi, Resep Makanan Sehat Dr. Ryan Thamrin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!