Cara Mengatasi Gigi Sensitif Secara Alami

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Secara Alami

Salah satu masalah gigi yang sering timbul adalah gigi sensitif. Jika masalah ini sudah muncul, maka akan sangat tidak menyenangkan dan mengganggu. Terutama pada saat makan makanan yang dingin ataupun panas. Kita jadi tidak bisa menikmati makanan tersebut. Penyebab gigi sensitif bermacam-macam mulai dari menipisnya email gigi, gigi retak, gigi berlubang, hingga tambalan gigi. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? ada berbagai cara untuk mengatasi gigi sensitif diantaranya adalah berkonsultasi dengan dokter gigi atau melakukan perawatan sendiri secara alami. Bagi anda yang lebih memilih untuk melakukan perawatan sendiri, berikut ini ada cara mengatasi gigi sensitif secara alami yang dikutip dari top10homeremedies.com.

Menggunakan Bawang Putih

Sudah sejak dahulu kala bawang putih dipercaya sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk mengatasi gigi sensitif. Penggunaan bawang putih untuk mengatasi gigi sensitif adalah dengan cara mencampurkan 1 siung bawang putih, garam meja, dan 2 atau 3 tetes air. Lalu campuran ini dioleskan pada gigi sebanyak 2 kali sehari dalam beberapa hari.

Menggunakan Daun Jambu

Kandungan flavonoid, seperti aktivitas scavenging radikal bebas, sifat analgesik, rutin dengan anti-inflamasi, keampferol, dan quercetin yang terdapat pada daun jambu dapat membantu meringankan sakit gigi dan gigi sensitif. Caranya mudah yaitu cukup dengan mengunyah daun jambu biji selama beberapa menit dan ulangi hal ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

Menggunakan Cengkeh

Cara mengatasi gigi sensitif secara alami yang ketiga adalah dengan menggunakan cengkeh. Dalam kedokteran masalah gigi, cengkeh sering digunakan untuk melawan infeksi, mengurangi rasa sakit gigi, anti-bakteri, dan anti-inflasi. Efek analgesik yang terdapat pada ekstrak air cengkeh berguna untuk mengurangi rasa sakit gigi atau ngilu pada gigi sensitif. Caranyapun cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan cengkeh yang sudah dihaluskan pada gigi sensitif selama 20 hingga 30 menit.

Menggunakan Air Garam

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau air garam memang berguna untuk mengatasi masalah gigi termasuk gigi sensitif. Air garam dapat melawan bakteri yang bisa menimbulkan masalah pada gigi karena air garam dapat menyeimbangkan pH mulut dan membuat lingkungan sekitar mulut menjadi basa. Cara memanfaatkan garam untuk mengatasi gigi sensitif adalah dengan mencampurkan air hangat dan 1/2 sendok garam lalu berkumur dengan campuran tersebut. Berkumurlah sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa tips atau cara mengatasi gigi sensitif secara alami yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah. Tetapi perlu diingat bahwa anda tetap harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga : Penyebab Terjadinya Karang Gigi, Cara Merawat Gigi Agar Putih Dan Sehat Secara Alami, Tips Membersihkan Gigi Bayi, Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Secara Alami, Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami , Tips Meredakan Sakit Saat Bayi Tumbuh Gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!