Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang ketika berpuasa adalah bibir kering. Bibir kering bisa terjadi karena saat berpuasa tubuh kita kekurangan asupan cairan. Nah, kekurangan asupan cairan pada tubuh ini berpengaruh besar terhadap kondisi bibir dan kulit kita. Dan efek dari kekurangan cairan ini menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Jika dibiarkan, bibir kering bisa menimbulkan rasa sakit. Terlebih lagi jika secara tidak sengaja terkelupas. Untuk mencegah hal tersebut, perlu dilakukan pencegahan agar bibir tidak kering dan pecah-pecah. Bagaimana caranya? berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bibir kering saat berpuasa.

Scrubbing

Rajinlah scrubbing supaya bibir yang mengelupas tidak menjadi semakin buruk. Caranya gunakan lipscrub untuk mengolesi bibir, kemudian gosok bibir anda menggunakan sikat gigi lalu bilas. Atau anda bisa menggunakan madu dan gula sebagai lipscrub. Jika sudah, jangan lupa menggunakan lipbalm agar kelembaban bibir tetap terjaga.

Lembabkan Bibir Dengan Lipbalm

Cara mengatasi bibir kering saat berpuasa yang berikutnya adalah melembabkan bibir dengan lipbalm. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan lipbalm agar bibir tetap lembab dan terlindungi. Untuk pemakaian di siang hari, gunakanlah lipbalm yang mengandung SPF.

Hindari Makanan Pedas Dan Asin

Mengapa anda harus menghindari kedua jenis makanan ini? karena makanan pedas dan asin bisa memperparah mulut yang kering dan bibir yang pecah-pecah. Hal disebabkan oleh garam yang anda konsumsi mengikat asupan cairan tubuh. Sedangkan makanan pedas seringkali membuat kita cepat haus.

Banyak Minum Air Putih Saat Sahur Dan Berbuka

Meskipun anda harus berpuasa selama kurang lebih 14 jam dalam sehari, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Konsumsilah air putih lebih banyak ketika sahur dan berbuka untuk mencegah dehidrasi dan timbulnya masalah mulut kering dan bibir pecah-pecah. Selain itu, banyak minum air putih saat sahur dan berbuka juga berfungsi untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa di siang hari.

Itulah beberapa cara mengatasi bibir kering saat berpuasa dengan mudah yang bisa anda coba. Sekian dan semoga bermanfaat.


Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!