Cara Mencegah Penyakit Kronis

Terkadang orang-orang lupa betapa pentingnya kesehatan. Mereka terlalu larut dalam kesibukan dan gaya hidup yang merusak tubuh mereka. Seringkali mereka terlambat menyadari hal-hal yang terjadi dalam diri mereka. Ketika prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati dihiraukan, dan ketika cara mencegah penyakit kronis diacuhkan, kesehatan menjadi taruhannya. Beberapa penyakit berat seperti hipertensi dan diabetes mayoritas di sebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak seimbang.

Salah satu penyakit kronis yang cukup mematikan adalah hipertensi. Penyebab hipertensi beragam. Seseorang menderita hipertensi karena keturunan atau faktor usia yang terkadang tidak dapat dihindari. Faktor lain penyebab hipertensi adalah pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat dan seimbang. Mengkonsumsi makanan banyak mengandung garam, minuman bercaffein dan beralkohol, serta merokok dapat meningkatkan faktor resiko terkena hipertensi. Gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang berolahraga dapat mempengaruhi kesehatan jantung yang beresiko terkena hipertensi. Memiliki penyakit lain juga seperti kolesterol dapat menimbulkan adanya hipertensi. Faktor lain yang terkadang tidak disadari dapat menimbulkan penyakit adalah stress. Menghindari faktor-faktor resiko hipertensi dapat membantu untuk mencegah menderita hipertensi.

Salah satu pola makan yang dialami oleh orang indonesia adalah prinsip belum makan jika belum makan nasi. Nasi menjadi bahan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia yang dikonsumsi rata-rata tiga kali sehari. Konsumsi nasi yang berlebihan merupakan salah satu penyebab Diabetes tipe 2 karena pola makan yang tidak seimbang. Nasi yang dikonsumsi akan menyebabkan kelebihan gula dalam tubuh. Tubuh tidak dapat menyerap kelebihan gula karena insulin yang diproduksi terbatas, Sehingga gula yang berlebih larut dalam darah. Selain itu, gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan jarang berolahraga dapat menjadi salah satu faktor resiko diabetes setelah faktor keturunan dan usia.

Pencegahan hipertensi dan diabetes dapat dilakukan dengan cara yang sama. Ketika seseorang telah menginjak usia 45 tahun pola hidup sehat harus lebih ditingkatkan lagi. Kerja tubuh cenderung menurun ketika seseorang telah berusia lebih dari 45 tahun. Mengurangi makanan asin dan manis yang berlebihan dan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat dan mineral dapat menjadi pola makan yang seimbang. Olahraga teratur baik untuk kesehatan jantung dan pikiran. Untuk yang telah menderita hipertensi dan diabetes, perbaikan pola makan dan gaya hidup menjadi keharusan. Selain itu, konsumsi obat anjuran dokter tidak boleh terlewat. Konsultasi rutin ke dokter seharusnya dilakukan secara teratur. Cara-cara mencegah penyakit kronis tersebut sebenarnya sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah oleh siapapun.

Selain itu, salah satu cara mencegah penyakit kronis yang sangat dianjurkan adalah dengan melakukan detoksifikasi tubuh minimal satu kali dalam setahun. Detoksifikasi sangat penting bagi tubuh karena untuk menghilangkan toksin atau racun yang menjadi penyebab munculnya penyakit kronis dan berbahaya. Program detoksifikasi bisa anda lakukan secara alami yaitu dengan cara berpuasa. Namun jika anda tidak mau repot-repot berpuasa, anda bisa mengkonsumsi Smart Detox. Smart Detox merupakan minuman nutrisi yang dibuat oleh para ahli kesehatan dunia untuk membuang racun dalam tubuh sehingga anda dapat terhindar dari penyakit berbahaya. Sebagai bonus, jika anda mengalami masalah berat badan, berat badan anda akan kembali normal dengan minum Smart Detox ini.

Demikianlah artikel tentang cara mencegah penyakit kronis. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!