Cara Mencegah Asam Urat Dengan Pola Makan Sehat

Cara Mencegah Asam Urat Dengan Pola Makan Sehat – Setiap orang berpotensi terkena serangan serangan asam urat. Pasalnya, asam urat merupakan zat yang diproduksi tubuh dari makanan yang dikonsumsi dan metabolisme alami. Artinya, setiap orang memiliki zat asam urat di dalam tubuhnya. Bila kadar asam urat di dalam tubuh tak terkontrol maka kemungkinan terserang penyakit asam urat menjadi lebih besar. Di sisi lain, naik turunnya kadar asam urat sangat dipengaruhi oleh pola hidup yang diterapkan. Sampai saat ini, pengobatan yang efektif untuk asam urat belum ditemukan. Pengobatan asam urat masih terfokus pada pengendalian serangan. Oleh karena itu, satu-satunya pilihan agar kita semua terhindar dari asam urat adalah dengan memperbaiki pola hidup ke arah yang lebih sehat dengan mengikuti dan mempraktekkan cara mencegah asam urat dengan pola makan sehat.


Obat Herbal Asam Urat

 

Dengan pengaturan pola makan yang baik, perkembangan penyakit asam urat bisa dihambat agar tidak bertambah parah. Selain itu juga, dengan menerapkan pola makan dan ditunjang dengan olahraga dan istirahat yang cukup, diharapkan mampu membuat kualitas hidup yang lebih baik untuk si penderita. Pengaturan pola makan mencakup pengendalian sumber-sumber makanan yang dikonsumsi agar tidak berlebihan, dan berupaya menghindari makanan serta minuman yang mengandung purin tinggi. Terdapat sederetan makanan mengandung purin tinggi yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Tujuan dilakukannya langkah-langkah tersebut agar kadar asam urat dalam darah menjadi normal.

Meskipun banyak orang yang sadar bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati tetapi banyak orang yang dengan sengaja melupakannya. Padahal biaya untuk mengobatai suatu penyakit lebih mahal ketimbang biaya untuk mencegah. Jadi, kenapa kita tidak mencegah sebelum sakit?. Asam urat sangat mungkin untuk dicegah. Mencegah asam urat dimaksudkan untuk menghindari segala sesuatu yang dapat menjadi pencetus serangan dan mencegah naiknya asam urat agar tidak melebihi batas normal yang direkomendasikan yaitu tidak lebih dari 7 mg/dl.

Penderita asam urat biasanya memiliki kadar asam urat yang tinggi di atas 7 mg/dl. Semakin lama kadar asam urat dalam darah menjadi semakin tinggi. Jika sudah demikian, kemungkinan untuk tercetusnya penyakit asam urat (grout) menjadi semakin besar. Gejala yang dialami setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun, tetapi sama sekali tidak menampakkan gejala. Ada pula yang terserang lebih cepat dari yang lain.

Langkah pencegahan naiknya kadar asam urat darah (hiperurisemia) juga memiliki arti penting untuk menghindarkan diri dari timbulnya komplikasi yang bisa timbul karenanya. Langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk pencegahan penyakit asam urat? berikut ini adalah beberapa cara mencegah asam urat dengan pola makan sehat.

  1. Menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi (diet purin)
  2. Menghindari semua hal yang menjadi faktor resiko terjadinya serangan asam urat.
  3. Menerapkan pola hidup yang sehat.
  4. Olahraga secara teratur.
  5. Minum air putih yang cukup.
  6. Mengupayakan berat badan idel.
  7. Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak.
  8. Hindari makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi.

Demikianlah beberapa cara mencegah asam urat dengan pola makan sehat. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂


programdetoksifikasi

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!