Cara Memulihkan Stamina Setelah Sakit

Cara Memulihkan Stamina Setelah Sakit

Ketika anda dalam kondisi sakit, pastinya banyak tenaga dan energi yang dikeluarkan oleh tubuh agar anda dapat segera sembuh dari penyakit tersebut. Selain itu juga, tubuh akan kekurangan banyak nutrisi, vitamin dan gizi. Oleh karena itu ketika kita sembuh dari sakit kita akan merasakan lemas, tidak bertenaga dan stamina tubuh belum bisa seperti sedia kala. Masa pemulihan stamina tubuh setelah sakit untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan tubuh seseorang dan jenis penyakit yang dideritanya. Selain itu juga, faktor kurang istirahat, kurang gizi dan stress juga ikut berpengaruh. Itulah yang menyebabkan seseorang tidak dapat segera pulih setelah sakit. Tapi anda jangan khawatir, karena berikut ini ada cara memulihkan stamina setelah sakit dengan cepat.

Konsumsi Makanan Sehat

Untuk sementara waktu hindarilah makanan-makanan yang tidak sehat seperti makanan siap saji dan makanan yang mengandung bahan pengawet kimia. Konsumsilah makanan sehat dan bergizi yang banyak mengandung vitamin, nutrisi dan mineral. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca pada artikel sebelumnya yang berjudul “Makanan Untuk Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Sakit“.

Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas akan mengganggu sistem pencernaan tubuh anda. Karena biasanya setelah sakit, sistem pencernaan akan mengalami masalah. Selain makanan pedas, hindari juga makanan yang sulit dicerna. Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering, itu lebih baik daripada anda langsung makan dalam porsi besar sekaligus.

Perbanyak Asupan Magnesium Dan Protein

Asupan magnesium sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berguna dalam proses penyerapan vitamin D dan C dalam tubuh. Contoh makanan yang banyak mengandung magnesium antara lain adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.

Sedangkan protein bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan stamina tubuh. Contoh makanan sumber protein adalah susu, daging, telur, dll.

Istirahat Yang Cukup

Cara memulihkan stamina setelah sakit yang keempat adalah dengan memperbanyak istirahat. Setelah sakit, tubuh perlu waktu untuk bisa kembali seperti sedia kala. Jadi, untuk sementara perbanyaklah istirahat dan hindari pekerjaan-pekerjaan berat yang bisa menguras stamina.

Lakukan Aktifitas Ringan

Meskipun anda dianjurkan untuk banyak istirahat, tapi bukan berarti anda bisa bermalas-malasan. Cobalah melakukan aktifitas ringan yang bisa mengeluarkan keringat seperti berjalan santai, bersepeda, dll. Melalui keringat, racun yang terdapat dalam tubuh akan keluar dan anda akan semakin cepat pulih.

Itulah tadi beberapa cara memulihkan stamina setelah sakit. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga : Jenis Obat Sakit Asma, Jenis Sakit KepalaMakanan Untuk Meredakan Flu Dan Batuk, Pemeriksaan Tuberkulosis Pada Anak, Penyebab Kentut Bau Pada Wanita, Makanan Yang Enak Untuk Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!