Cara Membuat Ramuan Daun Tempuyung Untuk Asam Urat

Apa itu tempuyung? dan bagaimana cara membuat ramuan daun tempuyung untuk asam urat?. Tanaman tempuyung adalah terna tahunan dan tingginya bisa mencapai 2 meter. Tumbuh liar di Jawa, di daerah yang banyak hujan pada ketinggian 50 meter sampai 1650 meter di atas permukaan laut, tumbuh di tempat terbuka, di tempat yang bertebing, di pematang, dan di pinggir saluran air yang baik tata airnya.  Tempuyung berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal, asam urat, bisul, abses, kolesterol, diare, dan radang payudara. Kandungan kimia tempuyung adalah taraksasterol, flavonoid, kalium, siliki, inositol, manitol, betalaktuserol dan alfalaktuserol. Daun tempuyung bermanfaat untuk menghilangkan bengkak, racun, panas, menghancurkan batu, dan sebagai peluruh kencing.


Obat Herbal Asam Urat

 

Senyawa flavonoid dalam tempuyung menunjukkan aktivitas yang bermacam-macam, di antaranya mempunyai aktivitas sebagai bakteriostatik, antihipertensi, antihistamin, antivirus dan diuretik. Selain itu, flavonoid ini juga mempunyai aktivitas menurunkan kadar asam urat melalui penghambatan enzim xantin oksidase. Hal ini mirip dengan cara kerja obat allopurinol, kelompok obat urikosurik yang bekerja untuk mengurangi pembentukan asam urat dalam tubuh. Berikut ini adalah cara membuat ramuan daun tempuyung untuk asam urat.

  • Siapkan bahannya terlebih dahulu yaitu 30 gram tempuyung segar dan 3 gelas air bersih.
  • Cuci tempuyung sampai bersih.
  • Rebus tempuyung sampai airnya tersisa 1 gelas saja.
  • Angkat, dinginkan lalu minum.

Itulah tadi cara membuat ramuan daun tempuyung untuk asam urat. Konsumsilah minuman tersebut secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Cara tersebut bisa anda jadikan sebagai alternatif pengobatan asam urat bagi anda yang tidak ingin mengobati asam urat secara medis. Secara umum, menyembuhkan asam urat dengan tanaman obat lebih aman meskipun memang membutuhkan waktu yang lama. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!