Cara Aman Mengkonsumsi Obat Warung

Apa itu “obat warung”? obat warung adalah obat yang secara bebas dijual di pasaran dan penggunaannya pun tidak memerlukan resep dokter atau instruksi seorang apoteker. Obat warung tersedia di warung-warung kecil ataupun warung pojokan sekalipun. Biasanya penggunaannya hanya untuk meredakan penyakit-penyakit yang ringan seperti sakit kepala, meriang, flu, dll. Tetapi walaupun tidak memerlukan resep dokter, kita harus memperhatikan penggunaannya. Karena penggunaan obat yang salah akan beresiko menimbulkan rasa mual, muntah, pusing, diare bahkan berujung kematian. Kenapa bisa menyebabkan kematian? sebagai contoh orang yang menderita hypertensi mengkonsumsi obat yang bisa meningkatkan tekanan darah atau misalkan penderita maag yang mengkonsumsi obat yang dapat meningkatkan asam lambung, tentu saja penyakit tersebut akan kambuh. Sebenarnya tidak ada yang salah jika anda ingin mengkonsumsi obat warung asalkan anda mengetahui petunjuknya. Berikut ini tips cara aman mengkonsumsi obat warung :

1.  Perhatikan Label

 

  • Label Lingkaran biru artinya obat bebas terbatas. Termasuk obat keras tapi bisa dibeli tanpa resep dokter.

  • Label lingkaran hijau artinya obat bebas. Pemakaiannya tidak memerlukan pengawasan medis.

  • Label lingkaran merah dan ada tulisan ‘K’ artinya adalah obat keras dan pemakaiannya harus atas resep dokter.

2. Cara aman mengkonsumsi obat warung berikutnya adalah dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa obat. Karena dikhawatirkan ada produsen dan distributor “nakal”. Tidak sedikit kasus produsen atau distributor menjual obat yang sudah lewat tanggal kadaluarsanya.

3. Tips aman mengkonsumsi obat warung selanjutnya adalah mewaspadai obat palsu. Ciri-ciri obat palsu biasanya warna, struktur, dan kekerasannya berbeda dari obat asli.

4. Selain itu, apabila dalam 2 sampai 3 hari tidak ada perubahan segera konsultasikan dengan dokter.

Demikian info tentang cara aman mengkonsumsi obat warung. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!