Cara Agar Tubuh Tidak Mudah Sakit

Jika kesibukan kita terlalu padat atau musim sedang tidak bersahabat, seringkali kita tidak memperhatikan kesehatan kita. Efeknya kita jadi lebih mudah sakit. Lebih jauh, jika sudah sakit maka proses penyembuhannya pun terkadang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Tentu hal itu sangat mengganggu sekali bukan?. Nah, untuk mencegah hal tersebut kita harus memulai melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat tubuh kita tidak gampang sakit. Sebenarnya ada banyak sekali cara mudah atau tips sederhana agar tidak gampang sakit. Dikutip dari huffingtonpost.com, berikut ini adalah tips atau cara agar tubuh tidak mudah sakit.

Jangan Sering Begadang

Tidak mudah memang jika harus menahan godaan untuk menonton drama atau film kesukaan hingga larut malam. Tapi tahukah anda, bahwa begadang dapat membuat tubuh kita jadi lebih mudah sakit. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa begadang dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh manusia yang mengakibatkan virus jadi lebih mudah menyerang dan menyebabkan jatuh sakit. Jadi, penuhi kebutuhan tidur anda sebanyak 7 sampai 8 jam sehari.

Konsumsi Sup Ayam

Menurut sebuah penelitian, sup ayam mempunyai beberapa kandungan seperti karnosina yang berfungsi sebagai anti radang. Kandungan pada daging ayam dan sayurnya bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, bahan-bahannya seperti lada, garam, seledri, wortel, ubi, bawang bombey dan daging ayam diyakini dapat meredakan gejala flu karena bisa menghambat perpindahan sel darah putih menuju bagian atas saluran pernafasan.

Konsumsi Bawang Putih

Cara agar tubuh tidak mudah sakit berikutnya adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Sistem kekebalan tubuh manusia diyakini dapat meningkat dengan mengkonsumsi bawang putih. Selain itu, menurut University of Maryland Medical Center bawang putih juga baik untuk mencegah penyakit jantung. Jadi, agar tubuh anda tidak gampang sakit, konsumsilah bawang putih atau makanan yang mengandung bawang putih.

Anda juga bisa membuat ramuan dengan bawang putih untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya adalah dengan mencampurkan wortel, irisan jahe, dan irisan bawang putih menjadi satu. Blender bahan-bahan tersebut lalu tambahkan air perasan jeruk lemon.

Terkena Sinar Matahari Dengan Cukup

Terkena sinar matahari di pagi hari merupakan salah satu cara agar tubuh tidak mudah sakit. Supaya kekebalan tubuh meningkat, vitamin D sangat dibutuhkan. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D, anda dapat berjemur di pagi hari selama 15-20 menit. Tetapi jangan sampai berlebihan karena kulit anda bisa “terbakar” dan “gosong”.

Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu aktifitas yang sangat penting untuk anda lakukan agar tubuh tidak mudah sakit. Dengan berolahraga, maka stamina akan tetap terjaga dan tubuh anda tetap fit. Dengan begitu, maka virus-virus penyakit tidak akan mudah menyerang dan anda lebih kebal terhadap suatu penyakit. Jadi, sesibuk apapun anda usahakan untuk tetap berolahraga minimal 30 menit dalam sehari.

Jangan Lupa Tertawa

Tertawa juga bisa anda jadikan sebagai cara agar tubuh tidak mudah sakit. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 menyimpulkan bahwa obat terbaik adalah tertawa. Selain itu, kekebalan tubuh juga dapat meningkat dengan tertawa. Tidak hanya itu, tidur juga lebih pulas dan dapat meredakan stres merupakan manfaat lain dari tertawa.

Itulah beberapa tips atau cara agar tubuh tidak mudah sakit. Jadi, kekebalan tubuh merupakan hal yang sangat penting. Karena jika sistem kekebalan tubuh kuat, maka virus tidak akan mudah menyerang dan tubuh kita tidak akan mudah sakit. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!