Cara Agar Perut Dan Pencernaan Tetap Sehat

Menjaga kesehatan perut dan sistem pencernaan tubuh merupakan hal sangat penting. Banyak penyakit yang timbul karena adanya masalah dengan kesehatan perut dan pencernaan kita seperti masalah lambung, diare, kegemukan, dan lain-lain. Kebanyakan masalah yang terjadi pada perut dan sistem pencernaan adalah usus yang tidak sehat. Usus menjadi tidak sehat karena dipenuhi racun atau toksin. Untuk membersihkannya, kita harus melakukan program detoksifikasi yaitu proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Program detoksifikasi ini perlu anda lakukan minimal sebanyak 1 kali dalam setahun. Tetapi selain program detoksifikasi, dibawah ini adalah beberapa cara agar perut dan pencernaan tetap sehat.

Olahraga Yang Cukup

Tentu siapa saja setuju bahwa olahraga dapat menjadi cara agar perut dan pencernaan tetap sehat. Selain menjaga kesehatan perut dan pencernaan, olahraga juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulailah dengan olahraga ringan seperti jogging, pilates dan yoga.

Hindari Stres

Ketika stres, perut akan merasa tidak nyaman saat mengkonsumsi makanan-makanan tertentu. Jika hal tersebut terjadi maka akan beresiko munculnya gejala yang tidak mengenakan akibat meningkatnya neurotransmitter.

Mencukupi Asupan Serat

Serat sangat baik untuk melancarkan pencernaan serta meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi, untuk menjaga kesehatan perut anda, konsumsilah makanan-makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran.

Mengunyah Makanan Dengan Baik

Proses pencernaan makananan bisa bekerja dengan baik asalkan kita mengunyah dengan benar. Cara mengunyah yang baik dan benar adalah dengan mengunyah makanan sebanyak 30 kali atau jika anda kesulitan menghitung, kunyahlah sampai makanan menjadi lembut dan mudah dicerna.

Makan Secukupnya

Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan secara berlebih. Hal ini hanya akan menimbulkan masalah pada kesehatan dan perut anda. Tubuh tidak dapat mencerna dengan baik jika anda makan secara berlebihan karena makanan yang harus dicerna tidak seimbang dengan enzim yang diproduksi tubuh. Agar anda tidak makan berlebihan, cobalah siasati dengan makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Itulah beberapa cara agar perut dan pencernaan tetap sehat. Ingat, hal terpenting untuk menjaga kesehatan perut dan pencernaan adalah melakukan program detoksifikasi minimal selama 1 kali dalam setahun. Klik disini untuk info lebih lanjut. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!