Cara Agar Mata Tidak Cepat Lelah

Cara Agar Mata Tidak Cepat Lelah

Betapa dahsyatnya fungsi mata kita. Selain mampu menunjukan kepada kita keindahan dunia, mata juga dapat mewakili semua rasa yang ada. Sorot mata memiliki arti bahkan manusia dapat berkomunikasi hanya melalui tatapan mata. Kita juga selalu menggunakan mata kita untuk melakukan aktifitas sehari-hari baik itu bekerja, membaca, memasak, belajar, dll. Karena itu kita sering merasakan mata lelah yang diakibatkan oleh penggunaan yang terlau berlebihan. Penggunaan mata yang berlebihan juga dapat membuat kepala menjadi pusing. Selain karena penggunaan yang berlebihan, debu dan kelembaban udara juga menjadi penyebab mata cepat lelah. Lalu bagaimana cara agar mata tidak cepat lelah?

Aktifitas dengan jarak pandang dekat hingga menengah dapat membuat mata cepat lelah. Contoh aktifitas dengan jarak pandang dekat seperti membaca, menjahit, membordir, dll. Sedangkan contoh aktifitas dengan jarak pandang menengah adalah seperti saat bekerja dengan layar monitor, gadget, smartphone, dll. Secara teknis, penyebab lelah karena adanya otot-otot yang bekerja pada saat kita melakukan aktifitas dengan jarak pandang dekat / menengah. Bagian-bagian otot tersebut terbagi menjadi 3 yaitu :

  1. Otot mata bagian luar berfungsi untuk memfokuskan mata terhadap objek yang akan dilihat.
  2. Otot pada iris mata berfungsi untuk mengatur besar atau kecilnya cahaya yang masuk ke dalam mata.
  3. Otot pada lensa mata berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk agar tepat ke syaraf mata.

Nah, selama kita melakukan aktifitas dengan menggunakan mata kita selama itu pula otot-otot mata itu akan terus bekerja. Berikut ini cara agar mata tidak cepat lelah.

  1. Istirahatkan mata  setelah 1 jam beraktifitas dengan jarak pandang yang dekat / menengah dengan melihat sesuatu yang jauh.
  2. Memijat daerah sekitar mata agar sirkulasi darah menjadi lancar.
  3. Melakukan senam mata. Seperti apa senam mata? berikut ini caranya :

Cara Senam Mata :

  • Gerakan mata ke atas dan ke bawah sebanyak 5 kali hitungan.
  • Gerakan mata ke kiri dan ke kanan sebanyak 5 kali hitungan.
  • Gerakan mata ke kiri atas dan ke kanan atas sebanyak 5 kali hitungan.
  • Gerakan mata ke kiri bawah dan ke kanan bawah sebanyak 5 kali hitungan.
  • Gerakan mata ke kiri atas dan ke kanan bawah sebanyak 5 kali hitungan.
  • Gerakan bola mata memutar searah jarum jam sebanyak 5 kali hitungan ( lakukan secara perlahan ) dan kemudian berlawanan jarum jam.

Lakukan senam mata saat siang hari dan setelah selesai beraktifitas harian. Demikianlah beberapa cara agar mata tidak cepat lelah. Semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!