Botol Minuman Plastik Penyebab Kanker

Botol Minuman Plastik Penyebab Kanker – Hampir semua orang sepakat bahwa kanker merupakan penyakit yang menakutkan. Tidak salah memang, karena kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit kanker bisa bermacam-macam, mulai dari gaya hidup tidak seimbang, pola makan tidak sehat, dan kebersihan lingkungan. Selain harus memperhatikan pola makan, kita juga harus memperhatikan wadah atau tempat makanan dan minuman. Salah satunya adalah botol plastik, karena sudah banyak ditemukan bahwa botol minuman plastik penyebab kanker. Mengapa demikian? botol plastik kemasan yang diisi air panas dapat bereaksi membentuk zat pemicu kanker yaitu zat karsinogenik. Itulah mengapa botol plastik bisa menjadi penyebab kanker. Mau tahu lebih lanjut? yuk, kita simak..

Selain botol minuman plastik penyebab kanker (prostat, payudara, liver), ternyata botol plastik juga berdampak pada masalah kesehatan lainnya seperti menurunkan imunitas, memicu puber lebih dini pada anak perempuan, memicu masalah kesuburan, menurunkan jumlah sperma, diabetes, obesitas. Tetapi tidak semua botol plastik berbahaya, asalkan kita tahu bahan apa saja yang terkandung didalamnya dengan cara melihat terlebih dahulu kode pada botol plastik atau kemasan plastik lainnya. Berikut ini adalah kode yang harus anda perhatikan pada kemasan plastik:

Kode No. 1 PET atau PETE (Polyethylene Etilen Terephalate). Jenis plastik yang direkomendasikan hanya untuk sekali pakai artinya tidak boleh direfil atau dipakai berulang-ulang.

Kode No. 2 HDPE (High Density Polyethylene). Plastik jenis ini lebih tahan lama terhadap suhu tinggi namun tetap saja hanya direkomendasikan untuk sekali pakai.

Kode No. 3 PVC (Polyvinyl Chloride). Ini merupakan jenis plastik yang susah untuk didaur ulang. Jenis plastik ini berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan. Maka dari itu, jangan menggunakan plastik dengan bahan pvc untuk menyadiakan makanan atau sebagai kemasan makanan.

Kode No. 4 LDPE (Low Density Polyethylene). Meskipun sulit untuk didaur ulang, plastik berbahan LDPE baik sebagai tempat atau wadah makanan dan minuman.

Kode No. 5 PP (Polypropylene). Ini merupakan jenis plastik yang terbaik dan paling aman sebagai tempat atau wadah makanan dan minuman.

Kode No. 6 PS (Polystyrene). Sebaiknya anda menghindari jenis plastik ini karena dapat mengeluarkan bahan styrene dan apabila dikonsumsi akan membahayakan kesehatan otak dan mengganggu hormon estrogen.

Kode No. 7 OTHER (Polycarbonate). Jenis plastik ini bisa berpotensi merusak kromosom pada ovarium. Selain itu juga, jenis plastik ini juga bisa mengakibatkan penurunan produksi sperma dan mengubah fungsi imunitas.

Itulah tadi ulasan mengenai botol minuman plastik penyebab kanker dan arti kode atau simbol pada kemasan plastik. Selain memperhatikan bahan plastik yang digunakan anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini agar terhindar dari kanker. Semoga anda bisa mencegah dari salah satu penyakit berbahaya ini yaitu kanker. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Tips Mencegah Kanker :

  1. Tidak memakai botol plastik secara berulang.
  2. Ganti botol minuman yang sudah berubah warna dengan botol yang baru.
  3. Gunakan gelas dan piring kaca atau beling.
  4. Gunakan botol minuman yang aman, bebas BPA.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!