Bisul Menyebabkan Kematian

Bisul Menyebabkan Kematian

Jangan pernah anda menganggap remeh suatu penyakit baik itu yang akan mengganggu aktifitas anda secara langsung ataupun tidak. Karena apabila dibiarkan, resiko akan terkena dampak yang lebih parah akan sangat terbuka sekali bahkan bisa berujung pada kematian. Salah satu contohnya adalah bisul. Banyak sekali orang yang menyepelekan penyakit yang satu ini karena mereka beranggapan bahwa bisul merupakan penyakit yang ringan dan apabila muncul pada bagian tubuh tertentu tidak akan mengganggu aktifitas mereka secara langsung. Padahal, apabila bisul telah menjadi suatu infeksi yang luar biasa bisa menyebabkan kematian.

Bisul Menyebabkan Kematian.

Sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa bisul dapat menyebabkan kematian adalah fakta. Bisul terjadi karena adanya penumpukan nanah yang disebabkan infeksi oleh bakteri. Bisul yang terlalu lama akan menyebabkan penyebaran infeksi. Lalu bagaimana bisul bisa menyebabkan kematian? Pecahnya bisul merupakan pertanda keluarnya sumber infeksi dan kuman-kuman. Tetapi ketika bisul itu tidak pecah, kuman ikut tertahan di dalamnya dan dia bisa menyebar ke tempat yang lebih jauh dari lokasi bisul berada. Penyebaran infeksi dapat terjadi melalui pembuluh darah yang percepatannya sama dengan denyutan pembuluh darah. Infeksi tersebut juga dapat menyerang ke seluruh organ-organ penting seperti jantung, otak, ginjal, paru-paru, dsb. Akibat dari infeksi bisul yang menyerang organ akan menyebabkan kegagalan sistem fungsi organ tersebut. Hal ini juga dipicu oleh kondisi tubuh yang tidak pernah terdeteksi oleh kita sehingga berpotensi memudahkan penyebaran infeksi.

Beberapa hal yang harus diwaspadai :

  1. Apabila bisul berada dekat dengan di daerah yang banyak saraf dan pembuluh darah. Tentu ini akan memudahkan kuman-kuman menyebar melalui pembuluh darah.
  2. Bisul yang muncul berulang harus diwaspadai karena dapat menjadi indikasi adanya penyakit dalam tubuh.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah bisul :

  1. Mandi minimal 2 kali sehari untuk mencegah kebersihan tubuh dari kuman dan bakteri penyebab bisul.
  2. Mengganti baju atau pakaian setiap hari, karena pakaian yang dipakai berhari-hari akan bercampur dengan keringat yang mengeluarkan uap dan bakteri. Ini akan membuat tubuh anda semakin kotor meskipun anda mandi berkali-kali dalam sehari.
  3. Jangan langsung mengelap keringat dengan tissue agar kulit tidak lembab. Karena kuman atau bakteri akan berkembang biak dengan cepat pada kondisi kulit lembab. Biarkanlah keringat akan hilang dengan sendirinya.
  4. Untuk menjaga kebersihan tangan dan wajah rajinlah mencuci pada bagian tersebut. Karena cara ini dinilai efektif untuk menghindari dan melindungi dari serangan kuman dan penyakit penyebab bisul.
  5. Apabila sudah timbul bisul, jangan memecahkan bisul tersebut dengan cara memencetnya karena hal tersebut justru akan membuat kuman dan bakteri menyebar pada bagian lain dan muncullah bisul-bisul baru.

Demikianlah info dari saya kali ini mengenai bisul yang mematikan. Semoga bermanfaat.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!