Bahaya TV Menyala Saat Tidur

Entah karena ketiduran, lelah setelah bekerja, takut, merasa kesepian atau bahkan malas mematikan tv membuat sebagian orang memilih untuk tetap menyalakan TV saat hendak tidur. Apakah anda termasuk sebagian orang itu? jika ya, sebaiknya anda segera merubah kebiasaan tersebut. Karena menurut beberapa penelitian yang dilakukan, tidur dengan kondisi tv yang tetap menyala berbahaya bagi kesehatan. Seperti apa bahayanya? ada dua jenis bahaya yang akan mengganggu kesehatan anda. Yang pertama berkaitan dengan cahaya tv yang akan mengganggu hormon melatonin, dan yang kedua berkaitan dengan polusi suara yang akan mengganggu kesehatan jantung. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini mengenai bahaya TV menyala saat tidur.

Terganggunya Produksi Hormon Melatonin

Hormon melatonin merupakan hormon yang dapat membuat kita tidur. Produksi hormon ini dipengaruhi oleh ada dan tidak adanya cahaya. Tubuh akan menghentikan hormon melatonin ketika adanya cahaya. Dan sebaliknya, tubuh akan memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hal ini berdasarkan penjelasan oleh seorang ahli kesehatan tidur dari inggris yang bernama Guy Meadows. Beliau mengatakan bahwa manusia didesain untuk tidur dalam keadaan gelap. Saat cahaya matahari muncul, reseptor cahaya pada retina akan memberikan informasi bahwa sudah waktunya untuk bangun dengan cara menghentikan produksi hormon melatonin. Jadi, pada saat tv menyala dan memancarkan cahaya, tubuh akan mengira itu adalah cahaya matahari dan akan menghentikan produksi hormon melatonin. Dengan begitu, anda tidak akan sampai pada fase tidur lelap. Akibatnya, keesokan hari anda akan merasa lelah, gelisah, dan suasana hati yang buruk. Tidak hanya itu saja, paparan cahaya dari alat elektronik sepeti tv juga dapat mengakibatkan depresi dalam jangka panjang. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University.

Resiko Penyakit Jantung

Saat tv menyala tentu akan menghasilkan polusi suara. Dan menurut penelitian, polusi suara ketika tidur di malam hari berkaitan dengan sistem kardiovaskular. Ini artinya akan memperbesar resiko terkena penyakit jantung. Hal ini dipertegas oleh WHO yang menyebut bahwa suara yang berada pada rentang 30-40 dB bisa mengakibatkan gangguan tidur.

Itulah penjelasan mengenai bahaya tv menyala saat tidur. Jadi sebaiknya jika anda memiliki kebiasaan membiarkan tv tetap menyala saat tidur, hentikan kebiasaan tersebut untuk menjaga kesehatan anda. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!