Bahaya Tidur Di Lantai Dan Menggunakan Kipas Angin

Bahaya Tidur Di Lantai Dan Menggunakan Kipas Angin

Pada saat musim kemarau, sering kali kita merasakan gerah/panas yang membuat tubuh kita berkeringat dan tidak nyaman. Sehingga memutuskan untuk tidur di lantai dengan tujuan menghilangkan gerah/panas tersebut. Juga pada saat santai bareng keluarga, kita sering tidur-tiduran di lantai. Tapi tahukah anda tentang bahaya tidur di lantai dan menggunakan kipas angin? mari kita simak penjelasan Dr. Mukhtar Ikhsan, Sp.p yang merupakan ahli paru-paru.

Di dalam ruangan ada polutan yang berbentuk debu. Debu itu lebih banyak mengendap di bawah daripada di atas. Sehingga kemungkinan menghisap debu di bawah lebih banyak daripada di tempat tidur. Selain itu juga, ada polutan yang kedua berbentuk gas, seperti gas elpiji yang cenderung mengendap di bawah permukaan atau lantai.

Terlebih lagi apabila kita tidur di lantai dengan menggunakan kipas angin. Karena menurut Dr. Indah Aprianti Putri, Sp.S akan ada virus yang terbawa oleh angin dari kipas angin yang bisa masuk melalui rongga telinga yang dapat melumpuhkan sistem saraf pada wajah sehingga mengakibatkan penyakit Bell’s Palsy. Bell’s Palsy adalah penyakit yang menyerang saraf wajah sehingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu wajah.

Adapun banyak orang yang mengatakan tidur di lantai bisa menyebabkan paru-paru basah, itu adalah mitos. Paru-paru basah sebenarnya adalah penumpukan cairan di dalam rongga paru-paru akibat infeksi. Tapi apabila seseorang mempunyai riwayat penyakit tersebut agar menghindari tidur di lantai.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui tentang bagaimana bahaya tidur di lantai dan menggunakan kipas angin. Lalu bagaimana mensiasatinya?

1. Bersihkan lantai & kipas angin dari debu secara teratur.

2. Jaga kesehatan tubuh agar tetap fit. Karena virus tidak akan mudah menyerang apabila kondisi tubuh kita fit.

3. Alangkah baiknya tidak tidur di lantai setiap hari karena ada kalanya tubuh sedang tidak fit jadi mudah terserang virus.

Demikianlah penjelasan tentang bahaya tidur di lantai dan menggunakan kipas angin. Semoga bermanfaat… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!