Bahaya Tidur Dengan Rambut Masih Basah

Umumnya, kebanyakan dari kita akan keramas sebanyak 1 kali dalam 2 atau 3 hari. Biasanya keramas dilakukan saat pagi atau sore hari, bahkan tidak jarang juga kita keramas saat malam hari setelah pulang kuliah, kerja dan aktivitas lainnya. Meskipun keramas di malam hari lebih maksimal karena mempunyai waktu lebih banyak sehingga dapat membersihkan rambut dengan leluasa, tetapi seringkali kita tertidur dengan kondisi rambut yang masih basah. Nah, menurut penelitian, tidur dengan kondisi rambut basah sebenarnya tidak baik untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Ada banyak resiko dan bahaya yang bisa timbul jika kita melakukan kebiasaan seperti ini. Lantas, apa saja resiko dan bahayanya? berikut ini adalah beberapa resiko dan bahaya tidur dengan rambut masih basah.

Kepala Pusing

Salah satu bahaya tidur dengan rambut masih basah yang pertama adalah sakit kepala atau pusing. Secara tidak sadar, tidur dengan rambut basah akan membuat kepala kita kurang nyaman, terasa berat dan pusing. Selain itu, kita juga jadi lebih mudah masuk angin.

Rambut Makin Rusak

Rambut akan lebih mudah bergesekan dengan sprei, kasur dan bantal jika rambut anda masih basah saat tidur. Dengan begitu, rambut akan menjadi rusak dan kusam akibat dari gesekan tersebut. Selain itu, rambut bisa menjadi keriting akibat dari gesekan bantal dengan rambut yang masih basah.

Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan salah satu masalah pada rambut yang banyak terjadi. Salah satu penyebab rambut rontok adalah tidur dengan kondisi rambut yang masih basah. Rambut basah akan menimbulkan kondisi lembab pada kulit kepala dan kekuatan akar rambut pun berkurang sehingga menyebabkan rontok. Selain itu, dampak buruk yang lain pun bisa muncul seperti rambut bercabang atau patah.

Infeksi Kulit Kepala

Infeksi pada kulit kepala bisa terjadi jika anda mempunyai kebiasaan tidur saat rambut masih basah. Hal ini disebabkan oleh kondisi lembab pada kulit kepala. Selain infeksi, resiko timbulnya ketombe, bakteri, sel kulit mati dan kotoran lainnya akan lebih besar jika anda terbiasa tidur dengan rambut basah.

Itulah beberapa resiko dan bahaya tidur dengan rambut masih basah. Agar efek samping tidur dengan rambut basah tidak timbul, usahakan jangan keramas terlalu malam agar anda tidak mengantuk sesudah keramas. Atau jika memang terpaksa keramas di malam hari, gunakanlah pengering rambut agar lebih cepat kering. Sekian dan semoga bermanfaat.


Bahaya Tidur Dengan Rambut Masih Basah

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!