Bahaya Tidak Mencuci Pakaian Baru

Dari masa ke masa trend fashion selalu berubah, hal inilah yang sering kali mempengaruhi kita bergonta-ganti gaya pakaian. Entah dengan memadukan pakaian yang ada atau dengan membeli pakaian baru. Nah, seringnya kita membeli dan mengkoleksi berbagai jenis pakaian sepatutnya juga membuat kita jeli terhadap perawatan pakaian tersebut. Karena perawatan pakaian ternyata ada kaitannya dengan kesehatan. Sebagai contoh, pakaian baru yang langsung dikenakan ternyata dapat menimbulkan infeksi jamur atau alergi, sedangkan menjemur pakaian di dalam ruangan bisa memicu infeksi paru. Mengenai pakaian yang baru dibeli, berikut ini adalah beberapa dampak buruk atau bahaya tidak mencuci pakaian baru sebelum dipakai.

Pakaian atau baju baru memang selalu tampak bersih dan mengkilap, namun ternyata tidak semua pakaian yang baru tersebut bersih dari jamur dan bakteri. Oleh karena itu pakaian yang baru saja anda beli sebaiknya dicuci dahulu sebelum anda gunakan. Menurut dr. Eddy Karta, SpKK, bahaya tidak mencuci pakaian baru adalah karena terdapat sebuah penyakit kulit yang disebut pityriasis rosea yang sering kali terjadi karena pemakaian baju baru yang tidak dicuci terlebih dahulu. Selain itu, kita juga tidak tahu apa yang terjadi selama proses pembuatan baju tersebut. Dan tidak hanya itu, cat sablon di baju juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan kulit lainnya seperti dermatitis atau alergi.

Sedangkan menurut dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali, kebiasaan orang berbeda-beda, ada yang mencuci atau tidak baju baru yang akan mereka pakai. Jika anda termasuk orang yang tidak memiliki masalah alergi, baju baru yang langsung dipakai relatif tidak berbahaya. Namun bagi anda yang memiliki kulit sensitif, bahan kimia pada baju baru bisa memicu terjadinya alergi. Tetapi untuk lebih aman, cucilah baju baru sebelum anda pakai agar bahan-bahan kimia dan debu pada baju bisa hilang saat anda kenakan.

Itulah bahaya tidak mencuci pakaian baru sebelum dipakai. Mempunyai pakaian baru memang selalu menyenangkan, tapi jangan sampai kesenangan membuat anda lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan dengan mencucinya terlebih dahulu ya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!