Bahaya Sering Menahan Kencing Bagi Kesehatan

Kencing atau buang air kecil adalah suatu proses membuang kotoran dari dalam tubuh dalam bentuk cairan. Dan hasrat ingin kencing merupakan suatu proses alami yang dialami oleh tubuh. Ketika hasrat tersebut datang, tentu kita cepat-cepat memenuhi panggilan tersebut bukan. Karena memang jika ditahan, akan membuat kita sangat tidak nyaman. Tapi bagaimana jika panggilan alam tersebut datang disaat-saat kita sedang sibuk atau sedang fokus? biasanya, kebanyakan dari kita memilih untuk menahan hasrat ke kamar mandi daripada harus menahannya dengan alasan “tanggung”. Padahal, sering menahan kencing itu sangat buruk untuk kesehatan tubuh dan bisa menimbulkan masalah yang cukup serius. Apa saja bahayanya? berikut ini adalah beberapa bahaya sering menahan kencing bagi kesehatan pria maupun wanita.

  • Bagi wanita, masalah kesehatan yang paling sering dialami akibat sering menahan buang air kecil adalah sistitis. Apa itu sistitis? sistitis merupakan suatu infeksi yang terjadi di sekitar saluran kemih. Akibatnya, daerah dinding kandung kemih akan mengalami peradangan.
  • Bahaya sering menahan kencing bagi kesehatan selanjutnya adalah adanya rasa nyeri yang cukup kuat dan konstan saat anda kencing setelah menahan kencing dalam waktu yang cukup lama.
  • Meskipun air membantu membersihkan ginjal, tapi jika anda terlalu lama menahan urine maka yang akan terjadi adalah pembentukan batu ginjal dan tentunya sakit yang luar biasa.
  • Kandung kemih bisa membengkak jika anda sering menahan buang air kecil. Ketika anda minum dalam jumlah yang banyak, maka secara perlahan kandung kemih akan diisi. Nah, jika air ini tidak dibiarkan keluar lama kelamaan akan mengakibatkan membengkaknya kandung kemih. Dan jika didiamkan akan meningkatkan resiko kanker kendung kemih.
  • Kegagalan membuang bakteri dalam urine akan terjadi jika anda menahan kencing terlalu lama. Akibatnya, demam akan lebih mudah menyerang.
  • Akibat terlalu sering menahan pipis berikutnya adalah terjadinya infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan oleh bakteri berbahaya dalam tubuh yang tertahan karena menahan pipis.

Itulah beberapa bahaya sering menahan kencing bagi kesehatan pria maupun wanita. Jadi, usahakanlah untuk tidak menahan kencing terlalu sering dan terlalu lama. Jika sedang bekerja, sebaiknya tinggalkanlah dahulu pekerjaan anda. Atau jika sedang diperjalan, carilah toilet terdekat. Jika tidak memungkinkan, sediakanlah popok dewasa. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!