Bahaya Sering Menahan Buang Air Besar Untuk Kesehatan

Ketika anda sedang berada di tempat umum, pernahkah anda mengalami masa-masa kritis? Masa-masa kritis yang dimaksud adalah ketika perut anda tiba-tiba bereaksi dan ingin segera buang air besar. Ya, bisa dikatakan momen seperti itu disebut juga sebagai masa kritis. Keringat dingin akan bercucuran dan wajah anda akan berubah menjadi pucat saat menahan buang air besar. Menahan buang air besar (BAB) atau pup lebih sulit jika dibandingkan dengan menahan buang air kecil. Selain itu, menahan buang air besar terlalu lama juga ternyata mempunyai efek buruk bagi kesehatan. Lantas, apa sajakah dampak buruknya? berikut ini adalah beberapa bahaya sering menahan buang air besar untuk kesehatan.

Kembung

Selain kotoran yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh, gas hasil proses makanan juga perlu dikeluarkan dari dalam perut. Nah, jika anda terlalu lama menahannya, akan berefek perut kembung dan sakit karena kentut atau gas terjebak di dalam perut.

Sembelit Atau Bahkan Diare

Kemungkinan besar diare akan terjadi jika terlalu lama menahan buang air besar karena tinja akan mengering dan sulit dikeluarkan. Tetapi sebaliknya, ada juga orang yang malah menderita diare karena menahan BAB. Jika sudah ditahap ini, akan lebih menyakitkan lagi saat pergi ke kamar mandi.

Sistem Pencernaan Menyerap Racun

Bahaya sering menahan buang air besar untuk kesehatan yang berikutnya adalah sistem pencernaan menyerap racun. Selain tinja jadi mengeras, zat sisa yang semestinya dibuang ke luar malah akan diserap kembali oleh sistem pencernaan. Dan itu artinya sama saja dengan tubuh anda mengkonsumsi sampah, tentu anda tidak mau bukan?

Menyebabkan Wasir

Wasir bisa terjadi jika anda sering atau terlalu lama menahan buang air besar. Gumpalan daging dapat keluar dari anus karena membengkaknya pembuluh darah yang diakibatkan oleh tekanan pada otot usus besar anus yang terlalu keras. Jadi, jika anda tidak ingin mengalami wasir jangan pernah menahan BAB. Dibandingkan dengan menahan BAB, wasir jauh lebih sakit.

Kotoran Menjadi Keras Dan Menyakitkan

Bahaya sering menahan buang air besar untuk kesehatan berikutnya adalah kotoran akan mengeras dan terasa sakit. Jika terlalu lama di tahan di usus besar, maka kotoran akan mengering karena usus besar berfungsi menyerap air. Selain itu juga akan timbul rasa sakit yang luar biasa pada bagian belakang.

Itulah beberapa bahaya sering menahan buang air besar untuk kesehatan. Jadi jika memang anda merasakan ingin BAB ketika di tempat umum dan bersama orang lain, jangan malu untuk segera minta izin atau mencari toilet. Hal ini sangat penting demi kesehatan sistem pencernaan anda. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!