Bahaya Ngemil Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

Ketika pulang kuliah atau pulang kerja dan tiba di rumah sudah larut malam, biasanya kita segera membersihkan diri, sekedar cuci muka atau ganti pakaian, atau sering kali bersantai sejenak di ruang keluarga atau ruang TV. Bahkan tidak jarang, beberapa diantara kita malah menikmati cemilan atau makanan yang ada. Meskipun ngemil atau makan sebelum tidur membuat kita jadi lebih mudah gemuk, tetapi banyak dari kita yang mengabaikan hal tersebut. Tahukah anda, ternyata selain menyebabkan tubuh mudah gemuk, ngemil atau makan sebelum tidur juga meningkatkan resiko berbagai masalah kesehatan seseorang. Lantas, seperti apa bahayanya? berikut ini adalah bahaya ngemil sebelum tidur bagi kesehatan.

Seperti dilansir oleh prevention.com, beberapa bahaya ngemil sebelum tidur bagi kesehatan antara lain adalah merusak sistem pencernaan, masalah kesehatan hati, mempengaruhi kualitas tidur dan pola makan, meningkatkan resiko serangan jantung serta meningkatkan resiko diabetes.

Seorang pakar medis dari University of Texas Health Science Center yaitu Kristen Eckel-Mahan, PhD, mengatakan jika makan sesaat sebelum tidur atau terlalu malam bisa mengganggu sistem pencernaan. Selain itu, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak akan bisa diserap dengan baik oleh organ dalam tubuh.

Kristen juga menjelaskan alasan kenapa organ tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik, itu karena tubuh tidak siap menerima nutrisi tersebut. Pada hakekatnya, ketika malam tubuh memerlukan istirahat. Tetapi jika mendadak ada makanan yang masuk, organ tubuh akan bekerja lebih keras dibandingkan biasanya. Inilah yang memberikan dampak buruk bagi organ tubuh dan kesehatan anda.

Berdasarkan penelitian ditemukan fakta bahwa jika dibandingkan dengan mereka yang terbiasa makan sore, orang yang memiliki kebiasaan makan malam sesaat sebelum tidur mengalami peningkatan ukuran pinggang sampai 25%. Selain itu, penelitian juga menemukan fakta bahwa kebiasaan makan atau ngemil sebelum tidur bisa membuat anda mempunyai lemak jenuh yang bisa merusak kesehatan.

Itulah tadi penjelasan mengenai efek buruk atau bahaya ngemil sebelum tidur bagi kesehatan. Merespon hal tersebut, dokter Caroline Cederquist yang merupakan pendiri BistroMD, memberikan anjuran agar kita mengkonsumsi makanan minimal 120 menit sebelum tidur. Selain itu, anda juga bisa mencoba cara ngemil yang sehat agar tidak gemuk. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!