Bahaya Minum Air Sambil Makan Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit kita disarankan agar mengkonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari. Karena apabila tubuh kita kekurangan cairan, beberapa masalah bisa muncul seperti kurang fokus, lemas, dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius. Tapi, anda juga harus memperhatikan beberapa aturan saat minum air putih. Contohnya adalah dilarang minum sambil berdiri, minum dengan takaran yang tepat dan jangan minum sambil makan. Mengenai minum sambil makan kenapa berbahaya? berikut ini adalah penjelasan mengenai bahaya minum air sambil makan bagi kesehatan tubuh yang dikutip dari boldsky.com.

Gangguan Pencernaan & Perut Kembung

Resiko gangguan pencernaan seringkali meningkat dan perut menjadi kembung bila anda minum sambil makan. Tidak hanya itu, perut juga jadi gampang kenyang karena terlalu banyak minum air. Efeknya, perut juga jadi mudah lapar beberapa jam kemudian karena perut hanya diisi dan kenyang oleh air. Jadi, hindarilah minum sambil makan untuk mengurangi resiko tersebut.

Meningkatkan Resiko Sembelit

Bahaya minum air sambil makan bagi kesehatan tubuh yang berikutnya adalah bisa meningkatkan resiko sembelit. Bahkan, bagi orang yang sudah memiliki masalah sembelit, masalah tersebut bisa semakin parah. Mengapa? karena sistem pencernaan tidak dapat mencerna makanan dengan baik jika anda minum sambil makan. Selain itu, rasa malas dan kelelahan bisa meningkat akibat dari insufisiensi air dalam tubuh.

Mencairkan Asam Klorida

Berdasarkan penelitian, asam klorida pada sistem pencernaan bisa menipis jika anda minum sambil berdiri. Padahal fungsi asam klorida sangat penting untuk melancarkan sistem pencernaan. Jika asam klorida menipis, efeknya adalah makanan tidak bisa dicerna dengan baik di usus besar ataupun di usus halus. Dengan begitu, nutrisi pada makanan tidak dapat diserap oleh tubuh secara maksimal. Jadi, hindarilah minum di tengah makan.

Itulah beberapa bahaya minum air sambil makan bagi kesehatan tubuh. Jadi, usahakanlah untuk minum sebelum dan sesudah makan agar terhindar dari resiko-resiko yang sudah disebutkan tadi. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!