Bahaya Mengkonsumsi Makanan Yang Dibungkus Koran

Pernah melihat pedagang makanan di pinggir jalan? atau bahkan anda pernah membeli jajanan di pinggir jalan? rasanya bukan pernah saja ya, tapi sering. Membeli jajanan di pinggir jalan memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia bahkan mungkin dunia. Tapi tahukah anda, ternyata kegiatan tersebut sangat tidak baik bahkan bisa mengganggu kesehatan. Mengapa? karena selain bercampur dengan debu atau polusi, biasanya makanan yang dijajakkan di pinggir jalan khususnya gorengan menggunakan kertas koran bekas sebagai pembungkus. Hal tersebut tentu saja sangat tidak baik dan berbahaya untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja bahayanya? berikut ini adalah beberapa bahaya mengkonsumsi makanan yang dibungkus koran.

Kertas koran tidak disarankan untuk membungkus makanan karena tinta pada koran tersebut beresiko merembes pada makanan. Terlebih lagi ketika digunakan untuk membungkus makanan yang berminyak seperti gorengan. Tinta pada koran mengandung berbagai macam bahan kimia sehingga akan berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Beberapa bahaya mengkonsumsi makanan yang dibungkus koran diantara lain yaitu :

  • Kandungan bahan kimia yang digunakan untuk mengeringkan tinta lebih cepat pada koran bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kanker paru-paru, masalah kandung kemih dan masalah kesehatan serius lainnya.
  • Tinta pada koran mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan hormonal.
  • Masalah pencernaan yang serius bisa timbul apabila kita makan makanan yang dibungkus kertas koran. Mengapa? karena tinta koran mengandung bahan kimia beracun seperti diisobutil phthalate.
  • Bagi wanita, bahaya makanan yang dibungkus kertas koran adalah terganggunya reproduksi wanita. Bahkan tidak jarang, hal tersebut menjadi masalah yang sangat serius.

Itulah beberapa bahaya mengkonsumsi makanan yang dibungkus koran. Meskipun masalah kesehatan tersebut hanya akan muncul pada mereka yang mempunyai kekebalan tubuh rendah seperti anak-anak dan orang tua, tetapi tidak menutup kemungkinan siapa saja bisa terkena masalah tersebut. Ingat, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Yuk, hentikan kebiasaan membungkus makanan dengan kertas koran. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!