Bahaya Mandi Malam Dengan Air Dingin

Bahaya Mandi Malam Dengan Air Dingin

Apakah anda termasuk orang yang suka mandi larut malam? jika ya, sebaiknya anda harus segera merubah kebiasaan tersebut. Karena apa? karena DR. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD menjelaskan tentang bahaya mandi malam dengan air dingin. Lalu apa saja bahayanya?

Jika kita punya alergi terhadap pilek/flu mandi dengan air dingin akan memicu pilek/flu tersebut. Dan akan menimbulkan rasa nyeri pada penderita radang sendi. Jadi pada penderita radang sendi sangat tidak dianjurkan mandi malam dengan air dingin tapi apabila diharuskan untuk mandi sebaiknya gunakanlah air hangat.

Diluar hal itu, kita juga sangat tidak dianjurkan mandi tengah malam. Karena pada saat itu bagaimanapun kita harus memaksakan untuk beristirahat. Usahakan jangan tidur lewat dari jam 12 malam, karena hal itu akan mempengaruhi kondisi tubuh kita secara keseluruhan. Apalagi bila memaksakan mandi, hal itu akan memperburuk keadaan. Terkecuali bila kita mampu mengendalikan suhu air agar pas untuk mandi, mungkin tidak akan terlalu buruk.

Jadi Intinya adalah apabila terpaksa mandi malam, usahakan menggunakan air hangat. Ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang sudah saya jelaskan diatas. Karena sesungguhnya mencegah itu lebih baik daripada mengobati. 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!