Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Salah satu sunah saat menjalankan ibadah puasa adalah makan sahur. Meskipun begitu, bangun tidur untuk sekedar makan sahur menjadi tantangan tersendiri karena jam tidur kita pun berubah selama bulan Ramadhan. Yang biasanya bangun paling pagi jam 5 untuk sholat subuh, kali ini kita diharuskan untuk bangun jam 3 dini hari. Jika belum terbiasa, menjalankan akivitas seperti ini bukanlah hal yang mudah. Maka tidak heran, jika banyak dari kita yang memutuskan untuk langsung tidur kembali sesudah makan sahur karena rasa kantuk yang luar biasa. Tetapi hal yang harus anda ingat adalah banyak sekali dampak negatif jika anda langsung tidur sesudah makan sahur. Apa saja efek negatifnya? berikut ini adalah beberapa bahaya langsung tidur setelah makan sahur dan solusinya.

Beresiko Terkena Stroke

Menurut sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa resiko seseorang terkena stroke sangat rendah jika ada jeda waktu yang lama antara setelah makan dan tidur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa resiko terkena penyakit stroke bisa meningkat jika anda langsung tidur setelah makan sahur.

Rasa Panas Di Area Dada

Bahaya langsung tidur setelah makan sahur yang berikutnya adalah rasa panas di area dada. Proses mencerna makanan akan bekerja lebih keras ketika kita tidur. Dengan begitu, jika kita langsung tidur sesudah makan maka kadar asam lambung akan meningkat sehingga penyakit maag mudah menyerang. Selain itu, kadar asam lambung yang meningkat menimbulkan rasa panas di area dada.

Refluks Asam Lambung

Apa itu refluks asam lambung? refluks asam lambung sering diartikan dengan berbaliknya makanan dari lambung menuju kerongkongan. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya rasa panas seperti terbakar di kerongkongan. Selain itu, mulut pun akan terasa pahit. Jadi, sebaiknya anda tidak langsung tidur kembali setelah makan sahur.

Perut Buncit Dan Berat Badan Naik

Bahaya langsung tidur setelah makan sahur yang berikutnya adalah perut menjadi buncit dan berat badan naik. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna semua makanan yang masuk. Dan jika kita langsung tidur setelah makan sahur, maka yang terjadi adalah makanan tidak dapat dicerna dengan baik dan lemak pun semakin menumpuk. Efeknya, perut menjadi buncit dan berat badan pun akan meningkat.

Lantas, bagaimana solusinya?

Jika sesudah makan sahur rasa kantuk tidak bisa ditahan, upayakan untuk tidur 2 jam setelah makan sahur. Berilah kesempatan tubuh untuk mencerna semua makanan dengan cara memberikan jeda waktu yang cukup sebelum tidur.

Anda jusa bisa mensiasatinya dengan cara tidur lebih awal dan bangun di jam-jam terakhir makan sahur. Dengan begitu, tubuh pun akan terasa bugar dan ketika bangun tidak merasa ngantuk karena kebutuhan istirahat tubuh sudah tercukupi.

Jalankan aktivitas yang bermanfaat seperti membaca Al Qur,an, berdzikir dan sholat subuh sebelum anda memutuskan untuk tidur lagi. Sediakan waktu yang cukup untuk tubuh mencerna makanan dengan baik. Sesudah itu, baru anda dapat tidur kembali.

Itulah beberapa bahaya langsung tidur setelah makan sahur dan bagaimana cara mengatasinya yang dikutip dari dietsehatcantik.com dan manfaatpuasa.com. Godaan untuk tidur kembali sesudah makan sahur memang sangat besar, terlebih lagi jika kita harus beraktivitas dipagi hari seperti bekerja. Tetapi walaupun begitu, jika diniatkan untuk beribadah kepada tuhan, maka kemungkinan besar tidak akan terasa berat. Sekian dan semoga bermanfaat.


Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!