Bahaya Jika Mempunyai Tubuh Terlalu Kurus Bagi Kesehatan

Supaya kesehatan bisa terjaga dengan baik, kita memang sangat disarankan untuk memiliki tubuh yang ideal dengan berat badan proporsional. Bentuk tubuh ideal memang kerapkali identik dengan bentuk tubuh yang kurus, terutama bagi wanita. Maka tidak heran apabila banyak wanita yang memaksakan diri agar tubuhnya kurus. Padahal kenyataannya, mempunyai tubuh yang terlalu kurus juga tidak baik. Ya, memang sesuatu yang berlebihan itu pasti akan berakibat buruk, entah itu terlalu gemuk atau terlalu kurus. Mengenai bentuk tubuh yang terlalu kurus, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa timbul. Apa saja? berikut ini adalah beberapa bahaya jika mempunyai tubuh terlalu kurus bagi kesehatan yang dikutip dari health.howstuffworks.com.

Masalah Kesuburan

Badan yang terlalu kurus bisa menyebabkan tidak teraturnya siklus haid. Dampaknya, masalah kesuburan bisa terganggu. Lebih jauh, jika wanita yang terlalu kurus hamil, beresiko mengalami keguguran di 3 bulan pertama. Jadi intinya, tubuh yang terlalu kurus bisa mempengaruhi kondisi kesuburan dan kehamilan.

Osteoporosis

Bahaya jika mempunyai tubuh terlalu kurus bagi kesehatan selanjutnya adalah meningkatnya resiko osteoporosis. Lemak tetap dibutuhkan tubuh supaya fungsi organ dalam tubuh bekerja dengan baik. Lemak berfungsi untuk memproduksi estrogen. Jika tubuh kekurangan estrogen, efeknya tulang jadi gampang keropos dan rapuh sehingga resiko mengalami osteoporosis akan meningkat.

Anemia

Salah satu resiko mempunyai berat badan di bawah normal adalah tubuh jadi mudah lelah. Nah, mudah lelah dan menurunnya energi ini bisa menjadi tanda-tanda anemia. Selain itu, jika dibarengi dengan keluhan sakit kepala, pening, sesak napas dan detak jantung tak teratur, sebaiknya segera hubungi dokter. Umumnya, penyebab anemia adalah kekurangan sel-sel darah merah, folat, vitamin B-12 dan zat besi.

Sakit Jantung Dan Diabetes

Bahaya jika mempunyai tubuh terlalu kurus bagi kesehatan selanjutnya adalah beresiko terkena penyakit diabetes dan jantung. Mengapa? menurut sebuah studi yang dilakukan, mereka yang terlalu kurus pun bisa mempunyai kadar kolesterol dan gula darah yang tidak normal. Maka dari itu, mereka pun beresiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Sangat disarankan anda mengecek kadar gula darah dan kolesterol untuk menurunkan resiko penyakit tersebut. Untuk mengeceknya, anda bisa menggunakan alat berikut ini :

Itulah beberapa bahaya jika mempunyai tubuh terlalu kurus bagi kesehatan. Ingat, memiliki tubuh sehat jauh lebih penting ketimbang harus memaksakan diri menjadi kurus. Karena selain beresiko mengalami masalah kesehatan yang disebutkan tadi, mempunyai badan terlalu kurus juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga jadi gampang sakit. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!