Asap Dan Kabut Pembawa Polutan

Asap Dan Kabut Pembawa Polutan

Asbut atau gabungan asap dan kabut pembawa polutan yang merajalela di tengah hiruk pikuk kepadatan ibukota sering disepelekan oleh warga. Padahal, asap dan kabut yang merupakan bentuk polusi udara merupakan pembunuh berbahaya yang dapat menyerang sistem pernafasan manusia. Asbut juga disebabkan dari cuaca, dimana saat musim panas matahari menyengat serta mengandung campuran metan dan karbon monoksida dapat menyerang pernapasan.

Selain lekat dengan udara sekitar kota, asbut juga bisa terdapat di daerah pinggiran kota maupun kawasan industri karena biasanya berasal dari asap knalpot kendaraan, pembakaran sampah, debu yang terlalu banyak, udara panas maupun asap pembuangan produk industri.

Seperti dilansir dalam situs healthline.com, Menurut Environmental Protection Agency (EPA) bahwa asbut sangat berbahaya untuk kesehatan apabila terus menerus terhirup. Percampuran dari asap, kabut dan paparan ultraviolet dari panas matahari tinggi dapat membentuk ozon.

Beberapa bentuk penyakit yang diakibatkan oleh ozon, antara lain :

  • Batuk Menahun disertai dahak dan sesak bagian dada. Seringnya menghirup udara yang mengandung ozon akan memperburuk sisitem pernafasan. Umumnya, jenis gejala ringan hanya berlangsung beberapa jam setelah terpapar asap seperti batuk kering. Namun, untuk jangka panjang ozon dapat terus menggerogoti bagian paru-paru bahkan setelah gejala hilang.
  • Gejala Ama. Ozon yang berasal dari asbut dapat menyerang mereka yang mempunyai penyakit asma. Para penderita yang menghirup udara mengandung ozon dapat terpicu asma tersebut.
  • Sulit Bernafas Dan Mengalami Kerusakan Paru-Paru. Efek ozon pada fungsi paru-paru yang berupa asap dapat membuat seseorang merasa sulit untuk bernafas dalam-dalam, apalagi saat berolahraga. Sebuah penelitian menunjukan bahwa paparan ozon juga dapat merusak lapisan paru-paru.

Dalam rangka untuk melindungi diri sendiri dan keluarga, yang harus diperlukan adalah adanya informasi yang perlu diketahui mengenai tingkatan kadar ozon di lingkungan sekitar maupun di daerah yang akan dikunjungi. Hal tersebut dapat membantu keluarga mencegah adanya penyakit infeksi saluran pernafasan (ISPA) yang disebabkan oleh ozon.

Dua tindakan pencegahan sederhana dapat melindungi anda ketika tingkat ozon yang tinggi :

  1. Batasi kegiatan di luar ruangan apabila tingkat ozon naik ke tingkat yang tidak sehat. Organisasi EPA mencatat bahwa tingkat ozon yang tinggi meningkatkan kesempatan untuk terkena kabut asap semakin lama saat berada di luar.
  2. Jaga aktivitas pada hari berkabut. Semakin kuat tingkat aktivitas anda, kemungkinan anda lebih besar mengalami masalah pernafasan.

Jangan mengambil resiko dengan kabut asap pada hari-hari ketika kualitas udara rendah. Pendekatan terbaik adalah untuk menghabiskan lebih sedikit waktu di luar rumah, dan mengganti kegiatan aktif, seperti berjalan atau bersepeda. Lebih baik melakukan kegiatan luar pada pagi atau sore hari, karena tingkat ozon biasanya lebih rendah pada waktu tersebut. Langkah-langkah sederhana yang dapat membantu melindungi diri sendiri dan keluarga pada hari-hari penuh asbut.

Baca Juga : Penyebab Kolesterol Dan Asam Urat, Benarkah Feromon Bisa Memikat Lawan Jenis?, Kelebihan Daun Kelor Untuk Kesehatan, Cara Menghilangkan Tahi Lalat, Tips Mengatasi Bau Pada Kaki, Diet Sehat Alami Dengan Olahraga,

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!