Apa Itu Batu Ginjal Asam Urat

Apa itu batu ginjal asam urat? – Komplikasi asam urat yang paling umum adalah gangguan-gangguan pada ginjal. Hal ini terjadi pada penderita asam urat akut yang terlambat menangani penyakitnya. Secara garis besar, gangguan-gangguan pada ginjal yang disebabkan oleh asam urat mencakup dua hal, yaitu terjadinya batu ginjal asam urat dan resiko kerusakan ginjal. Batu ginjal asam urat terjadi pada penderita yang memiliki asam urat lebih tinggi dari 13 mg/dl. Berikut ini adalah penjelasan mengenai batu ginjal asam urat dan tindakan pencegahan atau tindakan yang harus kita lakukan apabila mengalami gejala batu ginjal asam urat.

Asam urat merupakan hasil buangan dari metabolisme tubuh melalui urine. Seperti telah diketahui, urine diproses di ginjal. Oleh sebab itu, jika kadar di dalam darah terlalu tinggi maka asam urat yang berlebihan akan membentuk kristal di dalam darah. Apabila jumlahnya sangat banyak, akan mengakibatkan penumpukan dan pembentukan batu ginjal asam urat.


Obat Herbal Asam Urat

 

Batu ginjal asam urat terbentuk ketika urine mengandung substansi yang membentuk kristal, seperti kalsium, oksalat dan asam urat. Pada saat yang sama, urine mungkin kekurangan substansi yang mencegah kristal menyatu. Kedua hal ini menjadikannya sebuah lingkungan yang ideal untuk terbentuknya batu ginjal asam urat.

Batu ginjal asam urat mungkin tidak menampakkan gejala sampai batu ginjal tersebut bergerak di dalam ginjal atau masuk ke saluran kemih ( ureter ), suatu saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Pada keadaan seperti itu, tanda dan gejala berikut ini mungkin terjadi:

  1. Nyeri hebat pada punggung dan di bawah tulang rusuk.
  2. Nyeri yang menyebar di bawah perut dan paha.
  3. Nyeri yang berfluktuasi.
  4. Nyeri saat buang air kecil.
  5. Urine berwarna merah jambu, merah, atau coklat.
  6. Mual dan muntah.
  7. Urine yang keruh atau berbau busuk.
  8. Rasa ingin buang air kecil yang menetap.
  9. Buang air kecil lebih sering dari biasanya.
  10. Demam dan menggigil bila ada infeksi.

Jika anda mengalami gejala seperti nyeri yang hebat yang mengakibatkan anda tidak bisa duduk dengan nyaman dan posisi yang tidak nyaman disertai dengan mual dan muntah, kemudian demam yang tinggi dan menggigil, urine yang bercampur dengan darah, dan sulit buang air kecil segeralah konsultasikan ke dokter dan cari pertolongan medis. Agar gejala gejala tersebut tidak menimbulkan gejala yang lebih parah.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu batu ginjal asam urat. Sekian dan semoga bermanfaat.. 🙂


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!