Apa Itu Appendicitis, Penyebab Dan Gejalanya?

Apa itu Appendicitis? Appendicitis atau yang lebih dikenal dengan sebutan usus buntu adalah peradangan pada appendix. Appendix merupakan organ yang menempel pada caecum (bagian pertama dari usus besar) yang berbentuk tabung dan ujungnya tertutup menyerupai bentuk cacing. Appendicitis terjadi karena adanya sumbatan pada appendix. Sumbatan pada appendix dapat terjadi akibat beberapa penyebab berikut ini:

  1. Infeksi pada saluran pencernaan sehingga menyebabkan pembesaran jaringan getah bening di dinding appendix.
  2. Cidera pada perut.
  3. Tinja yang menyumbat appendix.
  4. Pertumbuhan parasit yang menyumbat parasit.

Selain penting untuk mengetahui apa itu appendicitis, penting juga untuk mengetahui gejalanya. Dan gejala appendicitis khususnya pada anak, antara lain :

  1. Demam.
  2. Muntah.
  3. Penurunan nafsu makan.
  4. Nyeri perut yang dimulai di sekitar pusar dan menjalar hingga ke perut kanan bawah.

Beberapa pemeriksaan yang dilakukan untuk memastikan appendicitis, antara lain:

  1. Pemeriksaan hitung darah lengkap: biasanya terjadi peningkatan jumlah sel darah putih (leukosit) di atas normal.
  2. USG perut untuk melihat gambaran appendix, misalnya gambaran adanya peradangan pada appendix, adanya sumbatan pada appendix, atau yang lainnya.

Untuk mengobati appendicitis dilakukan pembedahan, yaitu dilakukan appendectomy yaitu pemotongan untuk membuang appendix yang meradang. Selain itu, biasanya penderita juga diberi antibiotik.

Appendix yang meradang, jika tidak segera ditangani dapat “pecah” sehingga kuman yang menginfeksi dapat menyebar ke perut. Jika hal ini terjadi, bisa menyebabkan peritonitis. Peritonitis jika tidak segera ditangani dengan pembedahan dapat mengancam jiwa. Jadi untuk itu, jika terdapat gejala/tanda appendicitis pada anak, segera bawa ke dokter.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu appendicitis, penyebab dan gejalanya. Untuk mencegah atau menghindari appendicitis tersebut, disarankan anda menerapkan pola hidup sehat. Menjalankan pola hidup sehat bisa dimulai dengan mengkonsumsi makanan berserat, banyak minum air putih dan jangan menahan buang air besar. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!