Tips Mencegah Mabuk Perjalanan Pada Anak

Berwisata bersama keluarga dan anak-anak di hari libur memang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika kita jalan-jalan ke tempat yang memang diinginkan oleh buah hati. Tetapi semua rencana tersebut dapat menjadi kacau jika si buah hati mengalami mabuk perjalanan. Jika sudah begitu, bukannya menikmati liburan, malah akan membuat anda serta keluarga terganggu dan merasa tidak nyaman. Sebenarnya, penyebab mabuk perjalanan pada anak sangat beragam. Tetapi umumnya adalah karena kondisi kendaraan yang tidak baik dan kondisi fisik si anak tidak fit. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? berikut ini adalah beberapa cara atau tips mencegah mabuk perjalanan pada anak.

  • Sebelum berangkat, pastikan kondisi perut buah hati anda dalam keadaan normal. Yang dimaksud dalam keadaan normal disini adalah tidak sedang lapar maupun tidak sedang kenyang. Jadi, usahakan memberi makan anak 2 jam sebelum berangkat.
  • Tips mencegah mabuk perjalanan pada anak yang berikutnya adalah mengatur posisi duduk. Letakkan anak di tempat duduk yang memungkinkan dia untuk bisa melihat ke luar dan pastikan anak duduk menghadap ke depan atau searah laju kendaraan.
  • Matikan AC mobil jika buah hati sudah mulai pucat dan panas dingin. AC dipercaya bisa menjadi penyebab mabuk perjalanan dan menambah mual si anak. Cara mengatasinya, anda bisa membuka jendela untuk mendapatkan udara segar.
  • Kepalkan, kemudian lemaskan jari kaki dan tangan anak anda jika ia mulai merasa mual. Hal ini berguna untuk meningkatkan peredaran darah. Selain itu, untuk meringankan pusing anak, anda juga bisa memijat telapak dan jari tangannya.
  • Jangan biarkan anak anda untuk melihat gadget atau bacaan dalam waktu yang lama. Ajaklah anak untuk melihat pemandangan di luar mobil. Karena salah satu penyebab mabuk kendaraan adalah terlalu fokus melihat objek dekat.
  • Ajarilah anak untuk bernafas secara teratur. Tarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan secara perlahan melalui mulut.
  • Jika perlu, berikanlah obat anti mabuk khusus anak yang sekarang sudah banyak tersedia di apotek.

Itulah beberapa cara atau tips mencegah mabuk perjalanan pada anak. Tidak lupa juga, hal terpenting yang perlu anda perhatikan adalah memastikan kondisi anda dan keluarga dalam kondisi yang fit. Sekian dan semoga bermanfaat.


Tips Mencegah Mabuk Perjalanan Pada Anak

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!