Tips Membersihkan Gigi Bayi

Tips Membersihkan Gigi Bayi – Anak merupakan anugerah terindah dari tuhan yang dititipkan kepada pasangan suami istri. Untuk kita harus bisa menjaga dan merawat anak sebaik mungkin. Dengan mulai memperhatikan dari hal-hal yang kecil sampai yang besar. Salah satu hal kecil yang harus kita perhatikan adalah kesehatan gigi. Kita harus menjaga kebersihan gigi bayi sedini mungkin agar terhindar dari penyakit-penyakit gigi yang bisa timbul saat gigi bayi pertama kali muncul (Baca : Tips Meredakan Sakit Saat Bayi Tumbuh Gigi). Untuk menunjang hal tersebut para orang tua harus mengetahui cara atau tips membersihkan gigi bayi dengan benar. Seperti apa tipsnya? berikut ini adalah beberapa tips membersihkan gigi bayi yang harus diketahui oleh para orang tua agar tidak terjadi kesalahan dalam merawat gigi bayi.

Bersihkan Gigi Bayi Sedini Mungkin

Tips membersihkan gigi bayi yang pertama adalah bersihkan daerah gusi dan gigi bayi secara teratur dua kali sehari saat gigi bayi pertama kali mulai tampak. Bersihkan gigi bayi setelah bayi selesai menyusu. Gunakan kasa yang steril atau kain yang lembut untuk membersihkannya. Gosoklah perlahan pada bagian yang ingin anda bersihkan dengan telunjuk yang sudah dililitkan kasa steril atau kain lembut.

Gunakan Sikat Gigi Khusus Bayi

Untuk memudahkan anda membersihkan gigi pada bayi gunakanlah sikat gigi khusus untuk bayi yang kini sudah banyak beredar dipasaran. Sikat gigi di desain khusus untuk memudahkan anda menjangkau rongga mulut bayi dan semua bagian pada mulutnya. Selain itu, sikat gigi ini juga di desain dengan tekstur yang lembut dan bulu-bulu yang halus. Dan ujungnya pun berbentuk bulat sehingga tidak akan melukai gusi atau bagian lainnya pada rongga mulut bayi. Semakin besar usia bayi, maka bentuk desain pun berbeda-beda disesuaikan dengan umur bayi / anak. Hal ini akan anda temukan pada kemasan sikat gigi bayi berupa detail kategori usia pada setiap kemasan.

Gosoklah Gigi Bayi Dengan Lembut Dan Perlahan

Bersihkanlah gigi bayi dengan memfokuskan pada bagian pertemuan antara gusi dan gigi. Gosoklah pada bagian tersebut dengan gerakan memutar dan lembut. Karena pada area tersebut akan menjadi lunak pada saat proses teething, Sehingga anda harus berhati-hati dan dengan gerakan yang lembut agar tidak melukai gusi bayi.

Jangan Menggunakan Pasta Gigi

Untuk tips membersihkan gigi bayi berikutnya adalah anda tidak perlu menggunakan pasta gigi. Karena pasta gigi hanya boleh digunakan ketika anak sudah bisa melakukan proses meludah atau biasanya di sekitar umur 2 tahun lebih. Dan jika memang sudah harus menggunakan pasta gigi, hindari penggunaan pasta yang mengandung fluoride secara berlebihan. Fluoride memang bagus untuk mencegah gigi berlubang. Tetapi apabila berlebihan justru tidak baik untuk si anak. Apalagi apabila sampai tertelan secara berlebihan, hal ini justru akan merusak gigi anak.

Itulah beberapa tips membersihkan gigi bayi yang benar. Jika anda sudah mengetahuinya, jangan tunda lagi untuk membersihkan gigi bayi anda agar tidak terjadi kerusakan pada gigi bayi. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂


Tips Membersihkan Gigi Bayi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!