Penyebab Sembelit Pada Anak Bayi

Susah buang air besar atau yang sering disebut dengan konstipasi / sembelit merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh anak bayi. Gangguan semacam ini mengakibatkan bayi merasa kesakitan ketika BAB, menangis, rewel, dan merasa tidak nyaman. Kita sebagai orang tua tentu akan merasa khawatir jika bayi kita mengalami hal yang semacam ini. Konstipasi atau sembelit adalah keadaan dimana feses tidak normal, yaitu lebih keras dari biasanya. Dampaknya, bayi akan kesakitan dan takut untuk mengejan yang lama kelamaan feses menumpuk dan mengeras. Jika tidak segera diatasi, sembelit akan menyebabkan masalah yang lebih serius. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda mengetahui apa saja penyebab konstipasi atau sembelit pada anak bayi. Berikut ini adalah penyebab sembelit pada anak bayi.

Perubahan Pola Makan

Bagi yang awalnya mengkonsumsi ASI kemudian memulai makan-makanan yang lebih padat dapat mengalami sembelit, begitu pula bayi yang mendapatlan ASI eksklusif lalu berganti dengan susu formula. Anak yang mendapatkan susu sapi atau susu kedelai lebih beresiko memiliki tinja yang keras.

Konsumsi Makanan Tertentu

Penyebab sembelit pada anak bayi berikutnya adalah konsumsi makanan tertentu. Sembelit pada anak bisa disebabkan oleh konsumsi makanan cepat saji yang rendah serat dan konsumsi susu yang terlalu banyak. Untuk gantinya bisa diberikan jus buah, banyak minum air putih, dan makanan berserat.

Penyakit Tertentu

Penyakit tertentu yang dapat mengakibatkan pencernaannya terganggu. Seperti salah satu contohnya adalah luka pada anus. Mulanya bayi susah mengejan dan menunda BAB sampai lama-kelamaan tinja mengeras. Efeknya, tinja sulit dikeluarkan dan menyebabkan sembelit.

Kekurangan Cairan

Sebenarnya, asupan cairan pada bayi dapat dipenuhi dengan pemberian ASI. Tetapi untuk kasus bayi yang sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI, anda perlu memberikan cairan lainnya yaitu air putih. Caranya adalah dengan memberikan air pada makanan yang teksturnya keras sehingga makanan tersebut menjadi lembut dan mudah dikonsumsi oleh bayi.

Psikologis

Pada anak yang sudah mulai besar, salah satu penyebab sembelit adalah faktor psikologis. Anak yang mengalami sembelit mempunyai rasa percaya diri yang kurang dan lebih mudah cemas jika melakukan toilet training. Anak malas ke kamar mandi dengan berbagai macam alasan, seperti takut ke kamar mandi, tidak mau buang air di luar rumah, stres, dan lain-lain.

Riwayat Keluarga Dengan Sembelit

Penyebab sembelit pada anak bayi berikutnya adalah riwayat keluarga. Anak bayi yang mengalami sembelit sebagian besar mempunyai riwayat keluarga dengan sembelit, begitu pula sebaliknya.

Itulah tadi beberapa penyebab sembelit pada anak bayi. Sudah kewajiban kita sebagai orang tua untuk selalu memperhatikan kesehatan anak kita yang masih bayi karena pada periode itu, sistem pencernaannya belum sempurna. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!