Penyebab Berat Badan Bayi Tidak Naik

Jika berat badan bayi anda tidak bertambah dan malah makin menurun dari hari ke hari, sebaiknya anda jangan panik dulu. Pasalnya, naik atau turunya berat badan bayi dipengaruhi oleh berbagai faktor dan salah satunya adalah asupan makanan yang dikonsumsi oleh bayi. Sebagai contoh, jika bayi anda berusia 6 bulan ke bawah cobalah perhatikan asupan ASI-nya. Apakah kebutuhan ASI bayi anda tercukupi atau tidak?. Dikutip dari laman www.babycenter.com, berikut ini adalah beberapa penyebab bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup sehingga menjadi penyebab berat badan bayi tidak naik.

  • Mungkin bayi terlalu capek ketika menyusu dan menyebabkan bayi anda tertidur sebelum ia memperoleh ASI yang mencukupi.
  • Kurangnya daya kenyot saat menyusu bisa menjadi penyebab berat badan bayi tidak naik. Karena daya kenyot yang rendah, sehingga bayi tidak banyak mengkonsumsi ASI. Jika ini yang terjadi pada bayi anda, sebaiknya anda tidak perlu khawatir karena seiring usianya yang bertambah, kemampuan bayi meny menyedot ASI akan membaik.
  • Kondisi lidah terikat atau bibir sumbing menjadi salah satu penyebab bayi tidak mendapatkan asupan ASI yang mencukupi. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan dot spesial atau alat bantu khusus yang direkomendasikan oleh dokter.

Selain ASI, beberapa hal yang menjadi penyebab berat badan bayi tidak naik adalah:

  • Timbulnya masalah fisik atau mental bayi itu sendiri. Yang mencakup masalah fisik adalah masalah sistem pencernaan seperti diare dan sembelit. Baca : Penyebab Sembelit Pada Anak Bayi
  • Terkena paparan asap rokok. Asap rokok bisa merusak paru-paru bayi dan menimbulkan masalah kesehatan yang bisa menyebabkan berat badan bayi sulit bertambah.
  • Faktor keturunan bisa juga menjadi penyebab berat badan bayi tidak bertambah dan malah menurun. Bayi yang lahir dapat menurun berat badannya ketika usia 1 tahun hanya karena dia punya ‘bakat’ kurus, padahal ketika lahir dia memiliki bobot yang tinggi.
  • Penyebab lain berat badan bayi sulit naik adalah Gastroesophageal reflux (GER). Dimana kondisi ini menyebabkan bayi anda sering muntah sehingga asupan kalorinya tidak tercukupi. Kebanyakan bayi sering muntah karena otot diantara saluran perut dan saluran esofagus (menghubungkan lambung dan kerongkongan) masih longgar. Selain itu, susu mudah dimuntahkan kembali karena bayi sering berbaring.

Itulah beberapa penyebab berat badan bayi tidak naik atau sulit bertambah. Untuk bayi yang masih berusia 6 bulan, sebaiknya anda tidak langsung memberinya vitamin tambahan atau menambahkan kebutuhan gizinya dengan susu formula. Karena bayi dengan usia 6 bulan ke bawah tidak membutuhkan makanan pendamping ASI. Pencernaan bayi masih lemah, jadi berbagai resiko akan timbul seperti alergi jika anda memberikan makanan tambahan pada bayi di usia tersebut.

Nah, jika bayi anda mengalami masalah berat badan, sebaiknya amati dulu salah satu penyebab berat badan bayi tidak naik yang sudah disebutkan diatas lalu segeralah ambil tindakan yang tepat. Sangat disarankan agar berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan diagnosa serta tindakan penanganan yang benar dan tepat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!