Penyebab Anak Susah Tidur Di Malam Hari

Salah satu moment yang mungkin sangat membahagiakan bagi orang tua adalah ketika melihat buah hatinya istirahat atau tidur dengan nyaman dan tenang. Selain membahagiakan, anak yang tidur pulas dan berkualitas juga secara tidak langsung akan mempengaruhi tumbuh kembang anak tersebut. Menurut ahli kesehatan, seorang anak akan mengalami proses tumbuh kembang yang lebih baik dan berkualitas jika anak tersebut memiliki waktu tidur yang cukup. Tetapi sayangnya, tidak semua anak memiliki kualitas tidur yang baik karena tidak pulas ataupun susah tidur. Mengapa? dilansir dari laman webmd.com, berikut ini adalah beberapa penyebab anak susah tidur di malam hari.

Mimpi Buruk

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami mimpi buruk saat mereka terlelap. Nah, hal inilah yang menjadi salah satu penyebab anak bangun tengah malam. Terlebih lagi jika tidak ada siapapun didekatnya yang berusaha menenangkan hatinya.

Adanya Peralatan Elektronik Menyala Di Kamar

Penyebab anak susah tidur di malam hari selanjutnya adalah adanya peralatan elektronik seperti gadget, video game, komputer, TV, telepon yang masih menyala di dalam kamar. Mengapa? karena biasanya, konsentrasi anak akan terfokus pada peralatan elektronik tersebut jika masih menyala sehingga dapat dipastikan anak menjadi susah tidur.

Asma, Alergi Atau Lainnya

Anak yang mengalami flu, asma, alergi atau yang lainnya kemungkinan besar tidak akan bisa tidur nyenyak. Mengapa? karena pada kondisi tersebut anak akan merasa susah bernafas, tidak nyaman, dan badannya tidak fit. Nah, akibat dari ketidaknyamanan tersebut, anak menjadi rewel dan susah tidur di malam hari.

Telat Tidur

Usahakan agar anda selalu tidur tepat waktu. Jika terbiasa tidur jam 8, upayakan supaya jangan tidur lebih dari jam 8. Karena salah satu penyebab anak susah tidur di malam hari adalah telat tidur. Jika sesekali anak telat tidur lalu menikmatinya, maka hal tersebut bisa membuatnya menunda waktu tidur dikemudian hari dan lama kelamaan akan susah tidur.

Tidak Mempunyai Waktu Tidur Rutin

Usahakanlah agar anak mempunyai waktu tidur yang rutin. Waktu tidur yang rutin akan membuat anak jadi mudah tidur. Sebaliknya, waktu tidur yang tidak rutin akan membuat anak jadi susah tidur. Cara agar anak bisa tidur dengan rutin adalah dengan membuat aktivitas sebelum tidur yang menyenangkan seperti menemaninya tidur sambil membacakan dongeng atau menyanyikan lagu.

Cemas Dan Khawatir

Penyebab anak susah tidur di malam hari  berikutnya adalah cemas dan khawatir. Tidak berbeda dengan orang dewasa, ketika mengalami kecemasan dan kekhawatiran, anak-anak pun akan sulit tidur. Selain itu, saat anak-anak mengalami kekhawatiran dan kecemasan, biasanya mereka akan mudah terserang penyakit, rewel dan nafsu makan menurun.

Terlalu Lelah

Biasanya, anak yang belum sekolah atau balita memerlukan waktu tidur sebanyak 11 sampai 14 jam per hari. Tetapi sayangnya, sebagian anak tidak dapat mencukupi kebutuhan tidurnya tersebut karena terlalu banyak aktivitas yang dilakukan seperti belajar dengan orang tua, bermain dan menghadiri acara-acara tertentu. Nah, aktivitas -aktivitas tersebut bisa meningkatkan resiko kelelahan pada anak dan bukan tidak mungkin anak menjadi susah tidur.

Itulah beberapa penyebab anak susah tidur di malam hari. Selain beberapa penyebab tersebut, ada juga penyebab lainnya seperti pengaruh obat-obatan, suara gaduh, kamar tidak nyaman, tidak ada objek untuk dipeluk dan mendengkur. Untuk mengatasi anak susah tidur, yang bisa anda lakukan adalah dengan selalu berada disampingnya dan berikan rasa nyaman sebaik mungkin. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!