Mengenal Penyakit Cacar Air Pada Anak

Untuk mengenal penyakit cacar air pada anak, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu penyakit cacar air pada anak. Cacar air atau Chickenpox adalah penyakit yang disebabkan oleh varicella zooster virus. Cacar air ditularkan melalui percikan ludah lalu masuk ke dalam tubuh manusia melalui saluran pernafasan. Dari saluran pernafasan ini virus akan menyebar ke seluruh tubuh bersama peredaran dan getah bening. Lalu, bagaimana gejala, cara mencegah dan mengatasinya? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Cara Penularan Virus Cacar Air

Mengenal penyakit cacar air pada anak yang pertama adalah dari cara penularannya. Penyebaran virus cacar air dapat terjadi 1-2 hari sebelum muncul ruam cacar air pada penderita hingga semua ruam cacar air menjadi keropeng. Virus cacar air dapat menyebar melalui udara saat penderita bersin atau batuk. Selain itu, bersentuhan dengan ruam cacar air pada penderita dapat menyebabkan penularan virus tersebut. Tidak hanya berasal dari penderita cacar air, virus cacar air dapat ditularkan oleh penderita cacar air, virus cacar air dapat ditularkan oleh penderita herpes/shingles. Mengapa? karena virus penyebab cacar air sama dengan virus penyebab herpes, yaitu varicella zooster virus. Seseorang yang belum pernah mendapatkan vaksin cacar air atau terinfeksi cacar air beresiko menderita cacar air dikemudian hari.

Gejala Penyakit Cacar Air Pada Anak

Mengenal penyakit cacar air pada anak adalah dari gejalanya. Gejala cacar air dapat timbul dalam 10-21 hari setelah virus masuk ke dalam tubuh. Infeksi cacar air biasanya diawali dengan keluhan:

  • Demam, biasanya demam tinggi.
  • Nyeri kepala.
  • Badan pegal-pegal.
  • Nafsu makan Menurun.

Gejala-gejala tersebut diatas biasanya terjadi sebelum munculnya ruam cacar air. Pada awalnya, ruam cacar air muncul di sekitar wajah, punggung, dan dada kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Ruam tersebut menyerupai bintil yang berisi air dan gatal. Ruam cacar air biasanya menjadi keropeng, mengering serta mengelupas sendiri dalam waktu 1 – 3 minggu.

Cara Mengatasi Penyakit Cacar Air Pada Anak

  • Tidak ada pengobatan yang spesifik. Karena cacar air di sebabkan oleh virus, biasanya akan sembuh sendiri seiring dengan daya tahan tubuh anak.
  • Tidak perlu antibiotik kecuali didapatkan infeksi bakteri sekunder misalnya ruam cacar menjadi kemerahan, bengkak, dan mengeluarkan nanah.
  • Pemberian obat antivirus acyclovir yang diminum hanya bermanfat jika diberikan dalam waktu 24 jam sejak timbulnya ruam pertama kali di tubuh.
  • Pengobatan gejala yang menyertai, misalnya jika gatal maka dapat diberikan obat anti-gatal atau calamine lotion; jika demam maka diberikan Paracetamol.

Anjuran Para Orang Tua Jika Anak Terkena Cacar Air

  • Edukasi anak agar jangan menggaruk atau mengelupas bintil-bintil yang berisi air karena dapat menimbulkan bekas yang lebih dalam dikulit.
  • Jangan memberikan antibiotik karena cacar air disebabkan oleh virus, bukan bakteri. Jika disertai gejala superinfeksi dengan bakteri, bau diberikan antibiotik sesuai anjuran dokter.
  • Jika anak demam, berikan paracetamol, istirahat cukup dan asupan nutrisi yang baik.
  • Konsumsi makanan cukup protein seperti ikan dan telur.
  • Jika anak gatal dapat diberikan obat antigatal atau calamine lotion.
  • Anak mandi seperti biasa agar kebersihan kulitnya terjaga dan mengurangi rasa gatal.

Cara Mencegah Penyakit Cacar Air Pada Anak

Mengenal penyakit cacar air pada anak yang berikutnya adalah dari cara mencegahnya, seperti apa cara mencegah cacar air pada anak?

  • Menjaga daya tahan tubuh, dengan cara istirahat cukup dan makan bergizi serta teratur.
  • Pemberian vaksin cacar air. Anak yang sudah mendapatkan vaksin cacar air bukan berarti anak tersebut tidak dapat terinfeksi virus cacar air lagi. Anak yang sudah divaksin cacar air dapat menderita cacar air namun gejala yang timbul biasanya lebih ringan dibandingkan anak yang tidak pernah mendapatkan vaksin cacar air. Jika anak sudah terkena cacar air, maka tidak perlu diberikan vaksin lagi. Mengapa? karena anak yang terkena cacar air sudah mempunyai kekebalan terhadap cacar air hingga dewasa.

Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana cara mengenal penyakit cacar air pada anak. Sekian dan semoga bermanfaat.


Mengenal Penyakit Cacar Air Pada Anak

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!