Manfaat Sarapan Untuk Anak Sekolah

Pentingnya sarapan untuk anak sekolah memang tidak bisa dibantah. Karena bagi anak sekolah, sarapan pagi mempunyai banyak manfaatnya. Dan dari sekian banyak manfaat sarapan untuk anak sekolah salah satunya adalah dapat mempengaruhi prestasi di sekolah. Hal ini berdasarkan dari sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa jika dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan pagi ketika hendak sekolah, anak yang sarapan dengan gizi lengkap mendapatkan prestasi lebih tinggi yaitu sebanyak empat setengah kali lipat. Selain itu, anak tidak gampang sakit karena kondisi fisiknya terjaga. Mau tau apa saja alasan pentingnya sarapan dan manfaat sarapan untuk anak sekolah? yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.

Memberikan Energi

Sebagian besar ibu-ibu di Indonesia mungkin tidak tahu kalau sarapan ternyata menyumbang total energi harian anak sebanyak 20-25% untuk menunjang aktivitas sehari-hari mereka. Hal ini berdasarkan pada sebuah fakta yang kurang menyenangkan yaitu sebanyak 44,6% anak sekolah di indonesia mengkonsumsi makanan yang tidak mencukupi kebutuhan gizinya ketika sarapan.

Menghindari Resiko Obesitas

Manfaat sarapan untuk anak sekolah berikutnya adalah menghindari resiko obesitas pada anak. Ketika anak tidak sarapan, kemungkinan besar mereka akan merasa kelaparan sepanjang hari. Untuk mengatasi rasa lapar tersebut mereka cenderung akan megkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti gorengan, cokelat, permen dan lain-lain. Selain itu, kemungkinan besar mereka juga akan makan dalam jumlah besar saat makan siang dan malam. Nah, jika hal tersebut dibiarkan maka anak anda akan beresiko mengalami obesitas akibat nafsu makan yang tidak terkontrol.

Menghindari Dari Masalah Kesehatan

Berbagai masalah kesehatan seperti konsentrasi menurun, stamina lemah, loyo, pusing, Hipoglekimia dan susah buang air besar akan beresiko dialami oleh anak anda jika mereka tidak sarapan pagi ketika hendak sekolah. Seperti sudah disebutkan di awal, sarapan pagi dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi anak dan proses belajar. Dan sarapan diperlukan sebagai sumber energi agar mereka bisa melakukan aktifitas belajar dengan maksimal.

Itulah beberapa manfaat sarapan untuk anak sekolah. Selain anak harus sarapan, penting juga untuk memenuhi kebutuhan gizinya ketika sarapan. Sarapan yang disajikan harus mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Kandungan 3G yaitu Glow (mineral dan vitamin), Go (karbohidrat) dan Grow (protein) harus dipastikan terdapat dalam menu sarapan anak yang sehat. Cukupi karbohidratnya dengan umbi-umbian, roti atau nasi. Sedangkan ikan, daging, tahu, tempe dan  telur sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein buah hati anda. Lalu untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitaminnnya, dapat anda sajikan dengan makanan seperti sayur-sayuran serta buah-buahan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!