Cara Mudah Mengatasi Batuk Kering Pada Anak

Batuk tidak berdahak atau yang sering disebut juga dengan nama batuk kering merupakan masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Baik orang dewasa ataupun anak-anak tentu akan merasa tidak nyaman jika sudah mengalami masalah yang satu ini. Walaupun tidak disertai dahak, tetapi anda jangan sampai meremehkan batuk kering. Karena jika dibiarkan, batuk kering dapat menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan iritasi. Mungkin orang dewasa masih bisa menahan rasa sakitnya, tapi bagaimana dengan anak-anak?. Nah, untuk itu perlu dilakukan tindakan secepat mungkin untuk menghindari hal yang lebih beresiko. Bagaimana caranya? berikut ini adalah beberapa tips atau cara mudah mengatasi batuk kering pada anak.

  • Cara mudah mengatasi batuk kering pada anak yang pertama adalah dengan mengoleskan balsem pada hidung anak anda. Hal ini dapat menekan batuk dan melancarkan saluran pernafasan untuk sementara waktu.
  • Untuk mengurangi iritasi pada tenggorokan, ganjal kepala anak anda menggunakan bantal yang cukup tinggi.
  • Sebelum tidur, berikanlah teh jahe hangat kepada anak anda untuk mengontrol batuk di malam hari. Teh jahe dapat meringankan dan mengurangi batuk. Selain teh jahe, anak anda juga bisa mengkonsumsi minuman hangat lainnya.
  • Madu diyakini bisa mengurangi batuk seta melembabkan tenggorokan. Satu sendok madu, dipercaya dapat mengatasi batuk kering dan rasa gatal di tenggorokan. Jadi, obatilah anak anda dengan memberikan madu untuk dikonsumsi.

Batuk kering diakibatkan oleh beberapa hal seperti asap rokok dan iritasi lainnya. Umumnya, batuk ini disertai dengan infeksi virus dan sinusitas ringan pada saluran pernafasan. Selain itu, batuk tidak berdahak juga bisa menjadi gejala beberapa penyakit saluran pernafasan seperti kanker paru-paru, TBC dan gangguan saluran pernafasan lainnya.

Itulah beberapa tips atau cara mudah mengatasi batuk kering pada anak yang bisa anda praktekkan di rumah. Sekian dan semoga bermanfaat.


Cara Mudah Mengatasi Batuk Kering Pada Anak

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!