Cara Merawat Gigi Bayi Yang Baru Tumbuh

Cara Merawat Gigi Bayi Yang Baru Tumbuh

Seorang bayi merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh tuhan kepada pasangan suami-istri dan patut untuk disyukuri. Bentuk rasa syukur yang tepat untuk seorang bayi adalah menjaga dan merawatnya dengan sebaik-baiknya. Bagi pasangan suami-istri yang baru saja menikah merawat bayi adalah kunci utama untuk hidup sampai bayi tumbuh besar. Bayi sudah dikatakan berumur jika sudah tumbuh gigi. Awal gigi yang tumbuh adalah dibagian depan. Untuk itu kita perlu mengetahui cara merawat gigi bayi yang baru tumbuh dengan baik dan benar serta melindungi kesehatan bayi secara menyeluruh. Berikut ini ada beberapa cara merawat gigi bayi yang baru tumbuh dengan baik dan baik benar, antara lain:

  • Berikan nutrisi pada tubuh bayi terutama bagian gigi yaitu dengan selalu menyusui bayi dengan air susu ibu ( ASI ) sampai umur maksimal 2 tahun. Tambahkan susu sapi atau susu yang baik untuk pertumbuhan bayi dan giginya ketika menjelang tidur agar gigi yang baru tumbuh pada bayi terawat.
  • Berikan konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin untuk bayi. Seperti bubur susu, bubur kedelai dan masih banyak yang lainnya. Hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan bayi secara optimal dan memberikan kesehatan pada gigi bayi yang baru tumbuh.
  • Berikan konsumsi buah-buahan minimal satu kali sehari. Jenis buah-buahan yang baik untuk bayi adalah pisang dan pepaya. Dua macam buah ini mengandung vitamin yang baik untuk pertumbuhan gigi yang baru tumbuh dan menetralisir kuman yang masuk pada tubuh bayi.
  • Lakukan berbincang-bincang pada bayi agar bayi tidak merasa jenuh dan selalu ceria. Dengan rasa ceria dan bahagia pada bayi maka gigi yang baru tumbuh terjaga dan terhindar dari berbagai serangan penyakit.
  • Berikan waktu istirahat bayi minimal 12 jam dalam sehari. Sistem istirahat yang baik bagi bayi adalah pada waktu siang hari 3 jam dan sisanya di malam hari.

Itulah cara merawat gigi bayi yang baru tumbuh yang harus dilakukan secara rutin dan teratur agar nutrisi dan vitamin yang ada pada tubuh seimbang dan menyehatkan pada bayi.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Bayi Yang Baru Lahir, Makanan Pendamping Asi Untuk Bayi, Tips Meredakan Sakit Saat Bayi Tumbuh Gigi, Bahaya Menggunakan Bedak Pada Bayi, Cara Merencanakan Jenis Kelamin Anak, Diet Sehat Alami Untuk Anak Obesitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!