Cara Meningkatkan Produksi ASI Saat Menyusui

Cara Meningkatkan Produksi ASI Saat Menyusui

Cara Meningkatkan Produksi Asi Saat Menyusui – ASI atau air susu ibu merupakan hal yang sangat penting bagi bayi. Selain untuk pertumbuhan anak anda, ASI juga berguna sebagai antibodi agar bayi tidak mudah sakit dan tidak terlihat lemah. Normalnya, semua ibu akan mampu memproduksi ASI yang cukup untuk bayinya. Tetapi ada kasus-kasus tertentu dimana seorang ibu tidak dapat memproduksi ASI pasca melahirkan. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam yaitu diantaranya suatu riwayat penyakit, kebiasaan buruk saat hamil, umur kehamilan saat melahirkan, kondisi psikis, makanan tidak sehat, dll. Nah, bagi anda yang mengalami ASI tidak lancar pasca melahirkan, berikut ini adalah cara meningkatkan produksi asi saat menyusui atau pasca melahirkan yang dikutip dari boldsky.com.

Ubah Pola Makan

Hindarilah makanan yang tidak sehat dan sebaiknya konsumsi makanan seperti ayam, bawang, susu, telur, dan sayuran hijau. Makanan-makanan tersebut dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI secara ampuh.

Lebih Sering Menyusui

Dengan meningkatkan frekuensi menyusui, jumlah ASI juga akan meningkat dengan sendirinya. Sebaiknya anda menyusui sebanyak 4 jam sekali pada malam hari dan 3 jam sekali di siang hari. Semakin sering anda menyusui, maka akan dapat meningkatkan produksi asi anda.

Jadilah Bahagia

Memang tidak bisa dipungkiri faktor psikis merupakan salah satu penyebab produksi ASI tidak lancar. Untuk itu, lakukanlah hal-hal yang menyenangkan yang dapat membuat anda bahagia, hindari stress dan hindari kegiatan yang terlalu melelahkan baik itu fisik maupun psikis.

Berikan ASI Bergantian

Saat bayi anda menyusu, berikanlah susu secara bergantian yaitu melalui kedua bagian payudara anda. Hal ini akan membuat anda bisa memproduksi ASI lebih banyak.

Banyak Minum Air Putih

Usahakan untuk mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih / hari. Ini untuk membantu melancarkan produksi ASI.

Pijat Payudara

Lakukan pemijatan secara lembut pada daerah payudara dengan menggunakan baby oil. Kemudian kompres dengan menggunakan waslap yang hangat untuk meningkatkan produksi ASI.

Itulah beberapa cara meningkatkan produksi ASI saat menyusui. Jika produksi ASI masih tetap tidak lancar, segeralah konsultasikan dengan dokter ahli laktasi mengenai masalah produksi ASI anda yang tidak lancar. Jika perlu, mintalah suplemen yang aman untuk melancarkan produksi ASI. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga : Tips Membersihkan Gigi Bayi, Penyebab Gumoh Pada Bayi, Makanan Pendamping Asi Untuk Bayi, Cara Mengencangkan Dan Memperbesar Payudara Secara Alami, Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini, Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!