Cara Agar Anak Tidak Ngompol Di Malam Hari

Mengurus anak terutama anak balita memang gampang-gampang susah. Terlihat gampang jika anak sedang bermain dan tidak rewel. Tapi bagaimana ketika anak anda mengompol? tentu merepotkan bukan?. Disamping bau pesing yang mengganggu, kita juga harus menjemur kasur akibat terkena ompolan anak. Meskipun tidak mudah untuk mengajari balita agar disiplin buang air kecil pada malam hari, tapi anda bisa terus mencoba mengajari supaya si kecil tidak ngompol dan terbiasa. Berikut ini adalah beberapa tips atau cara agar anak tidak ngompol di malam hari yang ampuh.

  • Cara agar anak tidak ngompol di malam hari yang pertama adalah jangan memberikan minuman apapun kepada si kecil 1 jam sebelum ia tidur. Agar terhindar dari Dampak Dehidrasi Pada Anak, pastikan sepanjang hari ia tidak kekurangan cairan dengan memberinya minum yang cukup. Pemicu utama anak ngompol adalah banyaknya asupan cairan ke dalam tubuh.
  • Cara agar anak tidak ngompol terus berikutnya adalah dengan melatih anak untuk buang air kecil sebelum tidur. Ada baiknya juga anda sekalian melatih sikat gigi sebelum tidur. Agar anak terbiasa, jadikan kegiatan ini sebagai rutinitas sehari-hari.
  • Rubahlah toilet menjadi tempat yang wangi, bersih dan nyaman supaya anak tidak malas-malasan pergi ke kamar mandi ketika ingin buang air kecil. Selain itu, anda juga bisa membuat penerangan di sepanjang kamar mandi karena sebagain besar balita takut kegelapan.
  • Jangan menakut-nakuti anak dengan cerita seram. Karena dengan begitu, anak akan semakin malas untuk pergi ke kamar mandi dan lebih memilih dimarahi oleh orang tua akibat mengompol dibandingkan ketakutan melihat hantu di kamar mandi.

Itulah beberapa tips atau cara agar anak tidak ngompol di malam hari. Agar anak balita anda benar-benar berhenti dan tidak ngompol terus, lakukan cara atau tips tersebut secara rutin dan konsisten. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!